Wisata Majalengka dengan Nuansa Alam khas Jawa Barat

Pariwisata sangat penting dalam hal pembanguna ekonomi suatu daerah. Kabupaten Majalengka yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Barat mempunyai daya tarik wisata yang beragam mulai dari wisata alam, budaya, maupun wisata minat khusus. Secara geografis Kabupaten Majalengka terletak di bagian Timur Jawa Barat yang berbatasan dengan Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Tasikmalaya di sebelah Selatan. Kabupaten Sumedang di sebelah barat. Kabupaten Indramayu di sebelah utara. Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Cirebon di sebelah timur. Anda pernah mendengar mengenai pembangunan bandara bertaraf internasional di Majalengka?. Nah hal ini dilakukan dam upaya peningkatan sector pariwsata oleh pemerintah setempat. Dengan dibangunnya bandara tersebut maka secara otomatis akan menjadi tempat persinggahan serta tujuan wisata bagi wisatawan domestic maupun mancanegara. Berikut beberapa wisata Majalengka yang recommended banget buat anda.

  1. Perkebunan Teh Cipasung

Wisata Majalengka 2017 yang sedang hits akhir-akhir ini merupakan objek wisata favorit wisatawan lho, ya namanya perkebunan the Cipasung. Perkebuanan the Cipasung lokasinya berada di Desa Cipasung, Lemahsugih, Kabupaten Majalengka lokasinya berbatasan langsung dengan kabupaten Tasikmalaya. Perkebunan the Cipasung yang dikelola oleh koperasi buana mukti ini luas banget lho yakni sekitar 58 hektar. Perkebuanan the Cipasung menawarkan pemandangan dengan hamparan the yang hijau dan menawan, sungguh panorama yang sangat indah. Tapi untuk akses jalan ke perkebunan Cipasung belum ckup baik, sehingga anda lebih baik mengendarai motor daripada mobil. Tiket masuk perkebunan Cipasung ini cukup murah yakni 3.500/orang saja. Nah buat kamu yang sedang beruntung saat di kebun the, kamu akan menyasikan pemandangan ppetani yang sedang memetik the, lebih menarik dong tentunya. Di perkebuan ini juga trdapat pabrik pengeringan daun the. Tak lengkap rasanya jika menikmati panorama yang sejuk disini tanpa abadikan. Oleh karena itu silahkan keluarkan kamera anda, dan jepret san sini sekuka hati, kemudian upload deh di sosial media. Agar orang-orang yang berkunjung kesini makin ramai. Ayo segera agendakan wisata majalengka kebun teh anda bersama keluarga, teman maupun pasangan ya.

  1. Goa Lalay

Wisata majalengka Green Canyon yang satu ini sanagt indah lho. Kenapa disebut Green Canyon karena karena objek wisata goa lalay sangat mirip dengan gree canyon yang ada di Pangandaran. Nah bagi anda yang ada di Majalengka dan sekitarnya tak perlu jauh-jauh ke pangandaran untuk menikmati liburan ala-ala green canyon gtu. Karena Majalengka punya tempat mirip banget green canyon. Gao Lalay lokasinya berada di Desa Sukadana, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka. Goa ini cukup terpencil karena goa lalay merupak objek wisata majalengka terbaru yang belum dikelola oleh pemerintah. Hati-hati ya saat anda menuju goa lalay ini, karena jalan yang ditempuh adalah jalan setapak yang agak terjal. Nah seperti  halnya tempat wisata Indonesia yang lain, yang kadang mempunyai cerita mitos nya sendiri-sendiri. goa Lalay juga mempunyai mitos penunggu goa yang berwujud ular bernama “oray lalaki” atau dalam bahasa Indonesia ular laki-laki. Katanya sih ular disini bertubuh ular tapi kepala nya manusia ala di film gitu. Kabarnya oray lalaki ini dahulu mendiami kawasan wisata gunung Ciremai, namun karena ular ini mengganggu manusia kemudian dipindahkan ke goa lalay. Tapi anda tak perlu khawatir, namanya juga mitos yang pernting hati-hati dan tetap berlaku sopan saja saat anda berada di Goa Lalay. Nah kegiatan yang bisa anda lakukan di tempat wisata Majalengka ini memang berenang, namun anda harus mengunakan pelampung ya, karena terkadang arus sungainya sangatlah kuat, itu semua demi keamanan ya.

  1. Paranglayang Majalengka

Objek wisata Majalengka yang satu ini cocok buat anda jiwa-jiwa petualang, anda bisa menguji adrenalin dengan tebang menggunakan paranglayang. Dari ketinggian tersebut anda bisa menikmati pemandangan alam Majalengka yang beritu indah. Deretan pohon yang berjejer rapi, hamparan sawah yag hijau asri, dan yang paling indah adalah pemandangan gunung Ciremai di sebelah timur. Jika anda takut dengan olahraga ekstrim paranglayang, disini juga trdapat kegiatan lain yang bisa anda lakukan seperti ATV, Painball, Outbound, Flying Fox dan masih banyak lagi. fasilitas penunjang pun juga tersedia seperti café, resto yang akan memanjakan perut anda setelah lelah beraktivitas disini. Menikmati sunset di tempat ini juga tak kalah indahnya lho. Wisata majelngka paranglayang ini lokasinya berada di gunung punten  Desa Sidamuksi, Kecamatan Munjul, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Untuk tarif masuk wisata Majalengka Paranglayang ini adalah 7 rbu/orang di pintu masuk, 15 rbu/orang untuk masuk paralayang dan 350 rbu/orang untuk menaiki paranglayang sekali loncat. Berpoto selfie diats paranglayang sungguh menakjubkan. Anda ingin mencobanya?. Silahkan datang ke Majalengka. Berikut ulasan saya mengenai wisata Majalengka yang recommended banget, bagaimana menurut anda?.

 

 

 

Wisata kuliner Semarang yang Legendaris juga Laris Manis

Semarang merupakan daerah tujuan wisata yang cukup dikenal baik oleh kalangan domestic maupun mancanegara. Semarang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang mengalami perkembangan dalam bidang pariwisata yang cukup signifikan. Semarang mempunyai beragai hasil alam seperti pertanian, perkebunan dan juga hasil laut. Sebagian masyarakat yang tinggal di Semarang adalah warga keturuanan Tionghoa dan Keturunan Arab serta dari daerah lain seperti Sumatera, Kalimantan dll. Sehingga hal tersebur berdampak pada makanan yang mulai di padu padankan dengan makanan masing-masing daerah perantau tersebut. kombinasi tersebut menghasilkan cita rasa yang justru menjadi cita rasa khas Semarang yaitu makanan yang cenderung manis. Bagi nda yang berlibur ke Semarang, ada banyak sekali wisata kuliner Semarang yang saying sekali jika anda lewatkan. Berikt beberapa wisata kuliner Semarang yang super enak-enak diantaranya:

  1. Wisata Kuliner Semarang malam
  2. Soto Bangkong

Jika anda merasa lapar malam-malam dan ingin makan soto yang jarang ditemukan pada malam hari. jangan khawatir soto di Semarang juga ada lho yang buka malam yaitu Soto Bangkong. Soto Bangkong merupakan soto khas Semarang banget denga kuah yang kental, mie, daging ayam, irisan tomat, dan toge sungguh menggoda lidah anda. Wisata kuliner Semarang malam yang satu ini lokasinya berda di Jl Brigjen Katamso, Jl Ahmad Yani juga jalan MT Haryono. Untuk tambahan soto anda juga bisa menambhakan lauk seperti sate ati, sate usus, sate kerang maupun sate telur puyuh. Selain menu soto warung soto bangkong juga menyediakan menu lainnya seperti garang asem, ayam goreng, sate ayam, macam-macam semur dan masih banyak lagi. usaha ini dirintis oleh pak Soleh sejak tahun 1950 dengan cara dipikul keliling, cukup legendary bukan?.

  1. Angkringan Blendoek

Nah ini dia tempat makan yang menjadi icon Jawa Tengah, angkringan. Semarang juga mempunyai angkringan yang cupup populer, salah satunya adalah angkringan Blendoek. Angkringan Blendoek menunya banyak banget lho, mulai dari berbagai jenis gorengan dan aneka macam sate yang memiliki cita rasa enak banget. Angkrinagn Blendoek juga dilengkapi dengan iringan live music yang syahdu banget. Selain menyediakan berbagai macam makanan berat, angkringan blendoek ini juga menyediakan macam-macam cemilan seperti pisang goreng, dan resoles mayo yang menjadi cemilan favorit anfkringan ini. harganya pun sangat terjangkau, untuk nasi harganya 2.500/bungkus. Sate 2.500/tusuk, gorengan 1.500an. kemudian untuk minumannya tersedia macam-macam wedhangan seperti wedang uwuh, bajigur, bandrek, sekoteng dan wedang jahe, harnya mulai 4.000an saja lho. Ayo buruan ajak teman maupun pasangan anda untuk nongkrong-nongkrong asik di tempat wisata kuliner Semarang yang fenomenal ini.

 

  1. Kuliner Semarang Simpang Lima.
  2. Sego Pecel Mbok Sador

Simpang lima merupakan jantung kota Semarang. Oleh karena itu di simpang lima ini banyak sekali terdapat makanan-makanan yang sudah tak diragukan lagi kenikmatannya salah satunya adalah sego pecel mbok sador. Wisata kuliner Semarang ini lokasinya berada di foodcourt Simpang Lima. Tapi anda harus ssdikit bersabar ya jika ingin menikmati pecel disini, karena antrinya lumayan panjang. Untuk melengkapi nasi pecel, lauk pauk pun banyak tersedia seperti tahu, tempe, ayam, jeroan, macam-macam sate dan masih banyak lagi. Untuk rasa tidak diagukan lagi enaknya, yang unik dari sego pecel mbok sador ini rasanya agak pahit, karena sayurannya menggunakan daun papaya, tapi tetap enak ko.

  1. Tahu Gimbal Pak Edy

Wisata kuliner Semarang yang satu ini legendaris banget lho di Semarang karena sudah buka sejak tahun 1975. Anda pasti bertanya Tanya apa itu tahu gimbal?. Tahu gimbal merupakan perpaduan lontong, tahu, rempeyek udang yang digoreng kemudian ditaburi isisan kol dan touge, telor ceplok kemudian disiram saus kacang yang pedas gurih. Tahu Gimbal Pak Edy ini sangat terkenal karena kelezatannya yang taka da duanya. Untuk anda yang biasa makan banyak, ga usah khawatir seporsi tahu gimbal Pak Edy ini banyak banget lho. Ini juga yang membuat tahu gimbal pak edy ramai sekali pembeli. Lokasi tahu gimbal Pak Edy berada di Jl Pahlawan, Semarang, Jawa Tengah yang buka dari jam 16.00-00.00.

 

  1. Wisata kuliner Semarang Pagi
  2. Bubur Ayam Semawis

Sarapan makan bubur itu rasanya memang enak, tidak terlalu berat untuk porsi sarapan. Salah satu wisata kuliner Semarang pagi yang terkenal enak adalah bubur ayam semawis. Bubur ayam sewawis ini buka mulai jam 06.30 dan harganya pun cukup murah yakni 15 rbu/porsi. Lokasi bubur ayam semanis berda di Jl Moh Suyadi no 16 A Seteran, Semarang.

  1. Kedai Bu Erna

Ingin srapan dengan menu yang lengkap?. Kedai bu Erna lah solusinya. Karena menu makan di kedai ini seperti di warteg lho, tau kan menu warteg seperti apa?. Mulai dari oseng-osengan, sayur-sayuran, rendang dan masih banyak lagi. berikut beberapa ulasan saya mengenai wisata kuliner Semarang, bagaimana menurut anda?.

 

Wisata kuliner Bandung yang Menggoyang Lidah

Kota kembang yang mempunyai julukan varies van Java ini memang mempunyai potensi wisata yang luar biasa. Bahkan anda pasti tahu dong tempat-tempat wisata di Bandung. Karena pariwisata Bandung sudah sangat terkenal baik secara domestic maupun mancanegara. Nah jika anda berlibur ke kota Bandung, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner Bandung yang sangat enak-enak. Bandung selain surganya wisata, surganya belanja juga surganya kuliner mulai dari kuliner khas nusantara bahkan sampai menu ala-ala western pun tersedia di kota yang satu ini.  Berikut beberapa kuliner Bandung yang saya rekomendasikan untuk anda:

  1. Wisata kuliner Bandung Murah.

Siapa coba yang tak suka dengan makanan murah meriah. Kulineran dengan harga murah, enak dan juga banyak itu impian semua orang tentunya. Tapi jangan khawatir anda tidak sedang bermimpi untuk bisa makan enak, banyak dan juga murah. Karena Bandung punya banyak tempat makan dengan kriteria seperti itu. Wisata kuliner Bandung murah meriah antara lain: pertama Batagor Ihsan. Apa anda pernah mendengar nama makanan yang satu ini?. Batagor merupakan makanan khas Bandung yang sangat popular. bahkan di luar kota pun banyak ditemuai penjual batagor baik itu di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur bahkan di luar jawa sekalipun. Batagor pun cocok lho dikonsumsi semua kalangan mulai dari anak-anak, anak muda bahkan orang tua. Anda pasti bertanya-tanya apa si ari Batagor itu?. Ya batagor adalah kepanjangan dari baso tahu goreng. Bagaimana? Kreatif bukan orang-orang Bandung ini. nah salah satu batagor yang super enak dan warungnya tak pernah sepi adalah batagor ihsan. Batagor ihsan terletak di Cikawo no 27 Bandung. Tempat nya pun sederhan, tetapi selalu ramai pembeli lho, harganyapun cukup murah yakni 8.500/porsi saja. Kedua, Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom. Wisata kuliner Bandung yang satu ini cocok sekali disantap bersama keluarga dengan konsep makan ala kampung. Karena peralatan yang digunakan masih tersebuat dari seng biar semakin terkesan jadul atau kampungan gitu. Dengan design interior yang unik dengan hiasan anyaman bamboo, lampu petromak, serta semua pernak-pernik yang akan membawa anda merasa berada di rumah zaman dulu. Berbagai menu yang ditawarkan di warung makan ini adalah menu khas sunda seperti nasi liwet, nasi timbel, tahu bandung, pepes ikan, perkedel, danmasih banyak lagi. nah untuk harga yang ditawarkan terjangkau sekali tentunya, untuk makanan harganya mulai dari 5 rbu dan untuk minuman mulai dari 1.500, murah banget kan?. Lokasi Nasi Bancakan Mang Barna di Bi Oom terletak di Jl Trunojoyo no 62 Bandung, Jawa Barat.

  1. Wisata Kuliner Bandung Malam.

Bagi anda yang suka nongkrong-nongkrong sambil ngobrol sana-sini ala anak gaul Bandung, tapi bingung mencari tempat yang enak buat nongkrong tapi juga makannya enak. Saya punya rekomendari wisata kuliner Bandung malam buat anda, antara lain: pertama Warung Nasi Ampera. Nah jika anda merasa lapar saat tengah malam tiba, ga usah khawatir datanglah ke wisata kuliner Bandung 24 jam warung nasi ampera ini. Warung nasi apera banyak cabangnya, salah satunya adalah warung nasi ampera yang ada di Jl Soekarno Hatta no 394. Berbagai menumasakan khas sunda tersedia lho di warung ini harganya pun cukup terjangkau. Kedua, Oh La La Cafe. Cafe ini menyediakan menu makanan cita rasa Italia yang buka 24 jam, jadi anda bebas sebebas-bebasnya jika mau nongkrong disini sampai pagi. Menu andalan cafe ini adalah zuppa Soup. Selain itu ada juga menu lain yang Italia banget tentunya seperti pizza, pancake strawbery, beef black paper dan masih banyak lagi.

  1. Wisata Kuliner Bandung 2017

Nah buat anda yang kekinian, Bandung juga mempunyai beragam kuliner yang terbaru lho dan pastinya tak kalah dengan kuliner-kuliner lain yang telah melegenda di Bandung. Berikut beberapa wisata kuliner Bandung 2017 yang garus anda coba, misalnya pertama smoothies bowl. Smoothies Bowl ini isinya terdiri dari potongan buah segar atau sayur yang diblender kemudian diberi berbagai toping guna mempercantik penampilannya. Salah satu cafe vionir smoothies bowl di Bandung adalah Lula Cafe yang buka 2 tahun lalu. Tetapi baru-baru viral tahun ini akibat banyak unggahan di sosmed tentang smoothies bowl. Kedua, Sate Thaican. Makanan yang satu ini merupakan makanan yang sedang hits dikalagan anak muda. Sate thaican berbeda dengan sate-sate biasanya karena dalam proses pembakarannya sate thaican tidak menggunakan kecap maupun bumbu kacang, salah satu kedai penjual sate Thaican ada di kawasan buah batu Bandung dengan harga sate mulai dari 2.500/tusuk, murah bukan?. Berikut beberapa ulasan saya mengenai wisata kuliner Bandung, bagaimana menurut anda?.

 

 

 

 

Wisata Gunung Merapi yang Selalu Memikat Hati

 

Anda sudah pernah berwisata gunung Merapi belum nih?. Jika belum sebaiknya segera rencanakan liburan anda untuk mengeksplore kawasan wisata di gunung merapi. Tapi sebelum itu saya akan mengenalkan anda terlebih dahulu mengenai hal ikhwal gunung merapi. Jadi gunung merapi merupakan gunung aktif di bagian tengah pulau jawa, gunung merapi merupakan gunung paling aktif se Indonesia. Gunung merapi lereng selatan termasuk dalam wilayah administrasi Sleman DIY. Sedangkan sisanya termasuk dalam wilayah administrasi Jawa Tengah. Gunung merapi merupakan gunung yang sangat berbahaya karena menurut catatan gunung ini meletus setiap lima tahun sekali. Bayangkan saja sejak tahun 1548 gunung merapi sudah meletus sebanyak 68 kali. Meskipun begitu akibat letusan gunung merapi kawasan di sekitar banyak menjadi destinasi wisata yang sangat menarik. Bahkan sampai sekarang anda akan banyak menemui berbagai wisata Gunung merapi yang indah-indah. Berikut beberapa wisata gunung merapi yang recommended banget buat anda.
1. Bukit Klangon
Bukit Klangon merupaka wisata gunung merapi jogja yang kekinian banget lho, tak kalah pokoknya dengan lokasi selfie yang hits banget di Bantul. Bukit Klangon juga menawarkan untuk anda tempat selfie yang instagramable banget deh. Andalanya adalah gunung merapi yang bakal jadi background poto anda. Keren banget deh pastinya berpoto dengan latar belakang gunung merapi yang begitu gagah, apalagi jika anda berpoto nya bareng si dia, ya si dia. Spot selfie yang bisa anda gunakan di bukit kalangon ini adalah gardu pandang yang berdidri kokoh setinggi 5 meter. Di bukit klangon juga biasanya diselenggarakan even-even tertentu misalnya kejuaraan sepeda tingkat regional maupun nasional. lokasi bukit Klangon terletak di desa glagaharjo, Kecamatan Cangkringan Kabupaten Sleman. Wisata gunung merapi Cangkringan bkit ini itungannya masih baru lho, dibukanya baru tahun 2011 silam. Buat anda yang ingin mencurahkan kesediahan nih ya, mengunjungi bukit Klangon dan menghirup udara nya yang begitu sejuk, anda akan langsung bahagia lho. Jadi banyak-banyak aja piknik ya.
2. Museum Gunung Merapi
Nah wisata gunung merapi yogja yang satu ini, cocok buat anda pelajar jogja maupun umum untuk belajar banyak hal tentang gunung merapi di museum ini. Di museum ini anda akan belajar banyak hal mengenai gunung merapi mulai dari legenda dan mitos, sejarah letusan, kearifan local, serta anda bisa melihat sisa-sia letusan erupsi. Museum ini mengusung tema “merapi jendela bumi”, di dalam museum terdiri dari dua lantai. Di lantai pertama anda bisa menyaksikan maket letusan gunung merapi yang bergemuruh dan terdapat tombol tahun disampignya untuk menentukan tahun mana yang ingin anda tahu letusan gunung merapi. Kemudian di latai dua terdapat alat peraga terjadinya tsunmi serta poto-poto saat erupsi. Anda pun bisa menyaksikan dokumentasi letusan gunung merapi dari tahun 1930 hingga 2010. Selain itu di zona ini juga dilengkapi dengan pelajaran cara menyelamakan diri dari ancaman gunung meletus. Di lantai dua ini juga terdapat sebuah gedung teater mini yangakan memutar film documenter yang berjudul “di bawah langit merapi” dengan kapasitas 100 orang. museum ini buka dari hari selasa-minggu dari jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Tiket masuk yang anda keluarkan juga ga banyak-banyak amat kok disbanding dengan pelajaran yang anda dapatkan dari museum ini, tiketnya sekitar rbu/orang. Lokasi museum gunung merapi berada di Jl Kaliurang km 22 Dusun Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman DIY. Wisata gunung merapi Kaliurang museum ini sangat menarik bukan?.
3. Blue Lagoon Jogja
Wisata gunung Merapi yang satu ini sangatlah aduhai lho. Blue lagoon merupakan tempat pemandian yang terletak di Desa Dalem, Widodomartani, Ngemplak, Sleman DIY. Pemandian ini sangat terkenal lho di kalangan wisatawan karena air nya yang jernih menyegarkan juga pemandnagan alam sekitar yang begitu sejuk. Nama asli tempat pemandian ini sebenarnya adal pemandian tirta budi. Namun anyak sekali anak muda yang memanggil tempat ini dengan nama keren “blue lagoon” hal ini karena air nya yang jernih kebiru-biruan. Pemandian ini ramai sekali pengunjung lho, terutama saat akhir pecan tiba. kalau sudah cape maen air nih anda pun bisa menyantap nasi kucing dan wedangan khas jawa di gazebo-gazebo yang telah tersedia. Nah yang menarik adalah lokasi blue lagoon ini sebtulnya merupakan desa wisata blue lagoon. Jadi anda bisa berinteraksi langsung dengan warga sekitar lewat belajar membatik, mencicipi sego wiwit makanan khas nya dan menginap di home stay yang telah tersedia. Tiket masuk pemandian bleu lagoon ini murah banget lho hanay 2 rbu/orang saja.
Jogja selalu menarik dan tak pernah habis soal potensi wisatanya salah satunya adalah wisata gunung merapi yang begitu eksotis. Bagaimana keren-keren kan berbaga wisata gunung merapi yang bisa anda jadikan alternative liburan anda bersama keluarga, teman maupun pasangan. Inilah ulasan saya terkait wisata gunung merapi, bagaimana dengan anda?.

Wisata di Purwokerto yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Sebelum anda mengenal beberapa tempat wisata di Purwokerto yang sangat fenomenal di kalagan wisatawan. Anda baiknya terlebih dahulu mengenal hal ikhwal daerah yang satu ini. Jadi Purwokerto meruapakan ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dengan jumlah penduduk sekitar 292.782 pada tahun 2014. Purwokerto merupakan kota otonom yang masih bagian dari Kabupaten Banyumas, purwokerto sendiri terdiri dari 4 kecamatan dan 27 kelurahan. Anda tahu bahwa Purwokerto memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat terkenal keindahannya. Mau tau apa saja tempat wisata di Purwokerto yang saja maksud tersebut. berikut beberapa tempat wisata di Purwokerto yang recommended banget untuk anda.

  1. Telaga Sunyi Baturaden

Tempat wisata di Purwokerto jateng ini cocok sekali bagi anda yang ingin berlibur di lokasi yang samih sepi dan juga alami. Seperti namanya telaga sunyi, memang masih sepi serta lokasinya yang lumayan jauh dari keramaian kota. Telaga ini memang snagat cook untuk anda jadikan lokasi liburan yang penuh dengan ketenangan serta alamnya yang begitu sejuk. Rasa penat sehati-hari pun akan hilang dalam sesaat. Seperti halnya objek wisata air terjun lainnya, anda pun harus berhati-hati dengan cuaca, jangan sampai kehujanan yak arena nanti air telaga bisa meluap. Di sekitar telaga sunyi ini telah tersedia kamar mandi, tetapi masih sangat jarang warung ya. Nah solusinya jangan lupa bawa camilan minimal air putih lah agar anda tak kelaparan saat berada di telaga ini. Tiket masuk tempat wisata Purwokerto Banyumas ini sekitar 13 rbu per orang plus parkir morot 3 rbu. Lokasi telaga sunyi ini berada kurang lebih 2 km dari wisata Baturaden tapatnya berada di Desa Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Yang begitu mempesona dari telaga sunyi ini adalah airnna yang begitu jernih meskipun banyak sekali penunjung yang berenang dan mandi disana tapi air nya tetap saja jernih.

  1. Museum Bank Rakyat Indonesia

Tempat Wisata di Purwokerto Banyumas yang satu ini sangat menarik lho ykni museum Bank Rakyat Indonesia. Tak seperti bangunan museum-museum modern yang terkesan mentereng dan mudah dikenali orang-orang. Museum BRI ini bangunanya sangatlah sederhana yaitu rumah biasa model tempo dulu, sehingga orang banyak yang tak sadar akan keberadaannya. Meskipun bangunan museum ini amat sederhan, masalah koleksi jangan ditanya, lengkap banget deh. Museum Bri ini terdiri dari 2 lantai, lantai satu berisi koleksi uang, mulai dari uang koin zaman majapahit, uang Tiongkok, uang VOC, Dan uang pas masa kemerdekaan Indonesia. Di lantai utama juga terdapat sejarah perjalanan BRI yang dapat anda pelajari. Kemudian untuk koleksi lantai dua koleksi nya berupa mesin-mesin perbankan jaman dulu. Yang menarik di lantai dua ini terdapat brankas milik raden Aria Wiraatmaja seorang pendiri BRI. Untuk belajar banyak hal di museum ini anda tak dikenakan biaya apapun alias gratis. Cukup mengisi buku tamu dan anda pun akan mendapat penjelasan dari tourguide yang telah disiapkan, meyenagkan sekali kan?. Di sekitar museum BRI terdapat bangunan kuno yang merupakan kantor pertama kali bank BRI. Dalam kantor tersebut terdapat beberapa peninggalan peralatan Raden Aria Wiraatmaja seperti meja kursi, jam dinding dan benda-benda yang lain. Museum ini buka jam 9 pagi hingga jam 4 sore pada hari senin-kamis dan jam 9 hingga jam 12 siang pada hari minggu. Di latar depan museum terdapat sebuah patung indah bernama Kuwera. Menurut kepercayaan hindu, kuwera merupakan symbol dewa kemakmuran. Oleh karena itu sering digunakan sebagai lambang bank. Kuwera ini gambarannya adalah perut gendut menggunakan mahkota, kalung, gelang tangan dan kaki, serta pundi uang dibawah bantal kursi.

Sudah puas dengan tempat wisata di Purwokerto yang menarik-menarik diatas. Sekarang saatnya anda saya kenalkan dengan wisata kuliner Puwokerto yang harus anda coba. Purwokerto mempunyai banyak sekali kekayaan kuliner yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Mau tau apa saja kuliner Purwokerto yang saya maksud?. Ada beberapa kuliner khas purwokerto yang harus anda coba misalnya pertama, Gethuk Goreng. Gethuk goreng merupakan gethuk seperti biasa pada umumnya, hanya saja gethuk ciri khas purwokerto ini bukan direbus tapi digoreng, rasanya enak banget lho ya. Apalagi dimakan panas-panas sambil minum the atau kopi pada sore hari. Kedua, lanting. Lanting merupakan cemilan khas Purwokerto yang terbuat dari tepung yang diadonan dan dibentuk cincin kemudian digoreng. Cemilan khas Purwokerto ini harganya pun murah meriah banget lho, bisa tuh anda bawa buat oleh-oleh. Anda bisa menemui pedagang lanting di berbagai toko atau pasar tradisional yang ada di Purwokerto. Ayo segera rencanakan agenda wisata di Purwokerto anda bersama keluarga, teman maupun pasangan. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata di Purwokerto, bagaimana dengan anda?.

 

Wisata Di Kebumen Yang Penuh Pesona

 

  1. Goa Jatijajar

Objek wisata di Kebumen yang satu ini bernama Goa Jatijajar. Goa jatijajar adalah situs geologi yang terbentuk secara alamiah yang berasal dari kapur kemudian membentuk suatu gua yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit yang beritu artistik. Tempat wisata di Kebumen Jawa Tengah ini lokasi nya berada di Jl Jatijajar, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Yang menarik di tempat wisata di Kebumen Goa Jatijajar ini didalamnya terdapat ruangan deorama yang menceritakan tentang legenda Lutung Kasarung. Untuk memasuki goa ini anda tak perlu khawatir karena sudah didalam goa sudah tersedia penerangan. Selain itu tersedia pula jalan khusus memasuki gua agar pengunjung tidak kesusahan untuk berkunjung ke tempat wisata di Kebumen yang satu ini. Objek wisata di Kebumen Goa Jatijajar memiliki panjang 250 meter, lebar 15 meter, ketebalan langit-langit gua 10 meter, dan ketinggian gua 50 meter dari permukaan laut. Konon menurut warga setempat, objek wisata di Kebumen (Goa Batujajar) ini ditemukan oleh sorang petani bernama Jayamenawi. Saat dia sedang mengambil rumput kemudian jatuh ke sebuah lubang, nah lubang inilah yang kemudian menjadi goa batujajar setelah tanah-tanah yang menutupinya dibongkar oleh warga setempat. Kemudian pada perkembangannya goa jati jajar resmi dibuka sebagai tempat wisata di kebumen yang bagus pada tahun 1975. Tempat wisata di Kebumen (goa jatijajar) ini didalmnya trdapat 7 sungai, tetapi tak semua sungai mudah dicapai. Hanya ada 4 sungai yang cukup mudah anda capai yaitu sungai puser bumi, sungai Jombor, Sungai Mawar, dan sungai kantil. Nah ada mitos-mitos mistis dari keempat sungai tersebut yang dipercaya oleh warga sekitar tempat wisata di Kebumen ini. Mitos tersebut misalnya air sungai puser bumi dan jombor bisa jadi perantara untuk segala tujuan dan keinginan anda. Dan sungai air mawar khasiatnya bisa membuat anda awet muda. Terakhir mitos sunai kantil adalah jika anda mandi atau cuci muka disini maka cit-cita anda akan tercapai. Inilah mitos yang dipercaya oleh warga setempat. Yang fenomenal dari objek wisata di Kebumen ini adalah patung Dinosaurus yang mengeluarkan air dari dalam mulutnya. Bagi anda yang suka hunting poto, berpoto-poto di tempat wisata di kebumen ini sangatlah indah. Tiket masuk wisata di Kebumen Goa Batujajar ini adalah 15 rbu/orang. Ayo ajak keluarga, teman maupun pasangan untuk menikmati objek wisata di Kebumen yang indah ini.

  1. Air Terjun Supermen’s big Sister

Selanjutnya wisata di Kebumen selain pantai ini bernama Air Terjun Supermen’s big Sister. Wisata di Kebumen ini cukup unik, karena air terjunnya berada didalam goa, yaitu di goa Barat. Bagi anda yang suka petualanan objek wisata di Kebumen air terjun supermens big sister ini jangan sampai anda lewatkan lho. Lokasi Goa Barta sendiri berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen Jawa Tengah. Dalam goa barat tedapat banyak sekali air terjun dengan ketinggian anta 0,5 sampai 10 meter. Kemudian di tempat wisata di Kebumen ini terdapat satu air terjun dengan ketinggian 32 meter. Sehingga orang-orang menyebutnya air terjun supermens big sister karena tinggi air terjun yang luar biasa. Tiket masuk tempat wisata di Kebumen ini adalah 30 rbu/orang, kemudian beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Kebumen ini yaituarea parkir kendaraan, mushola, kamar mandi dan juga penginapan.

  1. Benteng Van der Wijk

Lengkapi berlibur anda dengan mengunjungi wisata sejarah Benteng Van der Wijk. Beneng ini merupakan benteng pertahanan Hindia-Belanda abad 19. Benteng ini berada di wilayah Gombong, Kebumen Jawa Tengah. Luas benteng ini adalah 3606 meter persegi dan tingginya mencapai 9 meter, benteng ini berwarna merah sehingga terlihat begitu indah dan artistik. Benteng ini kini menjadi objek wisata andalan di Gombong yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain anak. Anda juga bisa merasakan sensasi naik kereta mini. Karena disini disediakan kereta mini untuk mengantar wisatawan keliling benteng, menyenangkan bukan?. Anda pun cukup membayar 5 rbu/orang untuk berkeliling benteng selama 15 menit. Selanjutnya yang menarik dari tempat wisata di kebumen gombong ini terdapat tulisan didepan persis pintumasuk. Tulisan tersebut berbunyi “sebelum masuk benteng sebaiknya anda berdoa menurut kepercayaan masing-masing” terkesan mankuti-nakuti bukan? tapi tenang saja karena memang sebagai tempat bersejarah telah terjadi banyak pertumpahandarah di tempat ini. Yang penting anda berlaku sopan saja disini, itu sudah cukup. Wisata benteng van der wijk ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Kenali sejarah bangsa sendiri dengan mengunjungi objek wisata di Kebumen yang sangat menarik ini.

 

Wisata Desa Indonesia yang Selalu Istimewa

Beberapa kota atau daerah di Indonesia terkenal akan wisata desanya, bahkan desa-desa tersebt sering dijuli dengan istilah “desa wisata”. Desa wisata sendiri merupakan bentuk integrasi atara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang tersaji dalam suatu stukutur kehidupan masyarakat. Yang kemudian menyatu dengan tata cara dan tradisi masyarakat tersebut. mau tau gak nih beberapa kriteria desa wisata?. Kriteria desa wisata antara lain adanya bentuk interaksi antara alam, budaya dan hasil ciptaan manusia, semuanya harus menarik tentunya. Selanjutnya  besaran desa yang menyangkut jumlah rumah, jumlah penduduk, krekteristik wlayah dan luas wilayah. Kemudian sistem kepercayaan merupakan aspek penting untuk menciptakan aturn-aturan khusus sebuah desa. Terakhir adalah tersedia infastuktur, seperti listrik, air, layan transfortasi da masih banyak lagi. Mau tau desa apa saja yang cocok untuk anda jadikan wisata desa? Berikut beberapa recomendasi wisata desa yang sangat menarik.

  1. Wisata Desa Dlanggu

Yang satu ini merupakan wisata desa Dlanggu Mojokerto berada di Jl Sudirman No 2, Dlanggu, Mojokerto. Wisata desa Dlanggu ini amatlah menarik dan tentunya menyenangkan untuk anda kunjungi. Objek utama desa ini adalah kolam renang, taman bermain, arena outbound dan warung-warung yang penuh nuansa desa dengan menu ala-ala desa pula. Sepanjang perjalanan menuju desa ini anda akan menyaksikan pemandangan hijau dengan Susana persawahan yang begitu luas. Ditambah keramahan penduduk sekitar membuat hati semakin senang untuk mengunjungi desa wisata yang satu ini. tiket masuk des dlanggu ii cukup murah kok yakni 10 rb/orang untuk dewasa dan 8 rbu/orang untuk anak-anak. Anda jangan berpikir desa wisata ini wisala alam seperti desa-desa yang lain ya. Karena ternyata desa wisata yang satu ini merupakan wisata buatan yang letaknya sengaja jauh dari keramaian kota. Anda boleh nih encoba sensasi desa wisata buatan yang satu ini, karena jarang-jarang lho menikmati desa wisata yang ada kolam renangnya.

  1. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan salah satu wisata desa di Bali yang menjadi favotit wisatawan domestic maupun mancanegara. Lokasi desa penglipuran terletak di jalan rambutan gang III A1, no 6, Kecamatan Bangli, Bali. Tips untuk anda yang ingin mengunjungi desa penglipuran ini untuk menyewa jasa tour yang teah tersedia diBali. Hal ini ini untuk menghindari tersesat di jalan ya dan gak ribet juga. Desa ini setiap harinya lmayan ramai pengunjung, biasanaya didominasi oeh wisatawan mancanagera. Ada sekitar 100 orang wisatawan per harinya ke desa ini. lahan parkir nya pun luas, jadi anda tak perlu khawatir ya, biaya parkirnya juga murah yaknii 5 rbu/mobil. Kemudian untuk tiket masuk wisata desa penglipuran adalah 15 rbu/orang untuk dewasa dan 10 rbu/orang untuk anak-anak. Anda pasti penasaran kan kira-kira apa ya yang menjadi keuikan desa yang satu ini. Desa Penglipuran meruapakan desa yang sangat kenal dengan adat Bali, sama sekali belum tersentuh hal-hal yang berbau modern. Yang menarik adaah desa Penglipuran pernah dijadikan sebagai contoh pertama desa wisata di Indonesia pada tahun 1995, keran banget kan?. Tiap-tiap rumah penduduk desa ini seragam lho alias mempunyai bentuk yang sama terutama pada gerbang rumah, atap rumah, dinding rumah yang masih menggunakan bambu. Tak hanya rumah nya aja ih guys yang sama, pembagian ruangan rumah nya pun juga sama seperti kamar tidr dan dapur. Cat yang digunakan pun merupakan cat yang berbahan dasar dari tanah lho. Yang unik lainnya dari desa ini adalah adanya hukuman pencurian. Hukumanya apa? Hukuman untuk yang mencui adalah memeberi sesajen 5 ekor ayam dan bulunya harus beda warnanya di tempat leluhur mereka. Cara ini akan membuat si pencuri malu dong tentunya. Masih hal yang unik nih akan budaya desa ini. Jadi meskipun penduduk ini memeluk kepercayaan hindu tapi dalam hal kepercayaan mereka tidak membakar mayat tapi menguburkannya.

  1. Desa Sade

Wisata Desa selanjutnya yang tak kalah menarik dengan desa-desa yang lain adalah wisata desa Sade Lombok. Seperti halnya desa Penglipuran di Bali, desa yang satu ini juga masih sangat menjaga budaya leluhur. Baik itu dalam hal bangunan, adat istiadat, terian, maupun kesenian. Lokasi tepat desa wisata yang satu ini berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini luasnya sekitar 5,5 hektar dengan jumlah juram 150 dan setiap rumah terdiridari satu kepala keluarga, jumlah penduduknya sekitar 700 orang. Penduduk desa ini semuanya masih merupakan satu keturunan lho, karena masyarakatnya melakukan perkawinan sodara. Desa wisata yang satu ini bisa jadi alternative liburan anda di Lombok selain pantai ya guys.

Bagaimana menarik sekali kan beberapa wisata desa diatas?. Buat anda nih terutama yang tinggal di perkotaan, pasti jarang banget kan bisa menikmati segarnya udara dari pepohonan, indahnya pemandangan persawahan yang menghampar bak permadani hijau. Maka nya ayo segera usir rasa penat anda akan kegiatan sehari-hari dan dari hiup pikuk kota yang kadang membuat sakit kepala. Dengan mengunjungi beberapa desa wisata di Indonesia yang menarik-menarik. Inilah ulasan saya terkait wisata desa, bagaimana dengan anda?

 

Wisata danau toba yang Selalu Menggoda

Destiasi wisata yang satu ini sangatlah menarik guys ya wisata Danau Toba, tau gak nih Danau Toba itu Dimana? Yuppp Danau Toba berada di Provinsi Sumatera Utara. Keindahan Danua Toba ini tak diragukan lagi, sehingga menjadikan wilayah danau toba dan sekitarnya menjadi prioritas daya tarik wisata. Malah sekarang Danau Toba berhasil menjadi bagian dari Destinasi Pariwisata Nasional (DPN) dan Destinasi Pariwisata Unggul (DPU). Di kawasan danau toba anda akan menemukan berbagai daerah tujuan wisata seperti prapat, Simarjarunjung, Tanjung Unta, Haranggaol dan masih banyak lagi. dan salah satu kawasan wisata Danau Toba paling terkenal adalah kota Prapat. Kota prapat ini merupakan ibu kota kecamatan Girsang Sipangan Bolon. Kota prapat ini merupakan pintu gerbang utama menuju pulau samosir. Akhirnya kota ini sering dijuluki dengan “kota wisata prapat” oleh wisatawan. Kota prapat mengealami perkembangan pesat dalam hal pariwisata sejak tahun 1990an. Di parapet ini terdapat banyak sekali fasilitas pendukung wisata seperti hotel, penginapan, restoran, dan sarana pendukung pariwisata lainnya. Selain kota Prapat kawasan wisata Danau Toba yang lain juga banyak lho, apa ya kira-kira. Berikut beberapa tempat wisata Danau Toba Sumatera utara yang harus anda kunjungi.

  1. Batu Gantung

Bagi anda yang sedang mengeksplore wisata Danau Toa, jangan lupa untuk mengunjungi dan melihat batu gantung yang uni ini ya. Batu gantung tersebut berada di Danau Toba, dan batu gantung yang satu ini mempunyai kisah legenda yang menarik. Apa ya kira-kira kisahnya? Jadi konon dulu terdapat sebuah desa kecil di kawasan Danau Toba. Di desa tersebut hidup sepasang suami istri yang mempunyai satu anak perempuan bernama Seruni. Seruni ini kemudian suatu hari dijodohkan oleh ayahnya, perjodohan tersebut tentu ditolaknya karena seruni sudah mempunyai kekasih. Karena kecewa dengan keputusan ayahnya, akhirnya seruni pun nekad menceburkan diri ke danau toba bersama anjing piaraannya yang bernama toki. Saat melewati tebing untuk sampai ke Danau Toba, tiba-tiba Seruni terperosok masuk lubang. Seruni pun merasa putus asa karen atak bisa keluar dari lubang tersebut, akhirnya hatinya berkata bahwa dia memilih mati dalam lubang. Kemudian perlahan-lahan dinding lubang tersebut merapat. Parapar…prapat batu seru seruni agar batu itu semakin mnghimpit tubuh cantiknya. Nah si toki anjing seruni langsung lari ke rumah untuk memberitau orang tua seruni dengan cara menggonggong, mencakar-cakar. Agar orang tua seruni bisa mengeri bahwa seruni dalam bahaya. Akhirnya orangtua seruni dan penduduk desa segera menemui seruni, namun saying seruni sudah tak bisa tertolong lagi. sudah terhimpit oleh batu yang menutupi lubang tersebut. kemudian diatas lubang munculah sebuah batu besar dengan bentuk tubuh gadis, batu tersebut menggantung di tebing danau Toba. Seperti itu legenda dati batu gantung, menarik sekali kan?. Untuk bisa menyaksikan eksotisnya batu gantung tersebut, anda bisa menaiki kapal yang tersedia. Selain untuk menyaksikan batu gantung dari kapal terseut anda pun bisa menikmati keindahan alam sekitar danau toba. Bagaimana menarik sekali kan tempat wisata danau Toba sumut ini.

  1. Pulau Samosir

Wisata Danau Toba Samosir sangat terkenal lho akan keindahannya. Pulau samosir adalah sebuah pulau yang terletak di tengah danau toba. Pulau Samosir ini sangatlah indah, anda pasi akn terbius karena keindahannya. Untuk sampai ke pulau samosir anda bisa menggunakan jalur darat maupun air. Tapi saya sarankan agar anda menggunakan jalur air saja ya. Karena jika anda menggunakan jalur air ini anda akan menyaksikan indahnya pemandangan danau toba sepanjang jalan. Ada tiga jalur air yang bisa anda pilih. Pertama, melalui palabuhan ajibata ke pelabuhan tomok. Kedua melalui tigaras menuju simanindo dan ketiga melalui muara menuju nainggolan. Anda akan disebrangi dengan kapal fery ya. Nah untuk hal biaya tergantung pada kpasitas penumpangnya. Biaya akan semakin besar jika anda ikut menyebrangkan kendaraan anda. Misalnya harga untuk kapal fery melaui jalur ajibata menuju tomok seharga 91500 beserta mobil dan seluruh penumpangnya, lumayan murah lah ya. Tempat wisata danau toba pulau samosir tentu saja mengalami banyak perkembangan dari waktu ke waktu. Hal ini sesuai dengan kbutuhan wisatawan pastinya. Sehingga di pulau samosir ini telah berdiri berbagai hotel dan penginapan untuk anda semua.

Bagaimana menarik sekali bukan wisata danau toba dan sekitarnya ini?. Tertarik gak nih? Jika iya pastikan segera rencanakan liburan anda ke danau yang begitu cantik ini. karena di sini anda tak hanya dapat menikmati indahnya danau toba ya. Kawasan danau toba pun menyediakan banyak sekali destinasi wisata yang siap memanjakan liburan anda. Inilah ulasan saya terkait wisata danau toba, bagiamana dengan anda?.

 

Wisata Banten yang Penuh Pesona

Sebelum berbicara mengenai wisata Banten, ada baiknya anda mengenal Provinsi Banten secara geografis dulu ya. Banten merupakan sebuah Provinsi yang berdiri berdasarkan UU No 23 tahun 2000 tentang pembentukan Provinsi Banten. Provinsi Banten sendiri terdiri dari 4 Kabupaten dengan luas wilayah sebesar 8.794,01 km2. Provinsi Banten memiliki posisi yang strategis secara goegrafis, karena Banten menjadi penghubung antara pulau Jawa dan pulau Sumatera. Provinsi Banten berbatasan dengan laut jawa di sebelah utara, selat sunda di sebelah barat, dan samudera hindia di sebelah selatan. Hal ini lah yang kemudian menjadikan posisi Banten begitu menguntungkan dengan hasil laut yang sangat besar. Tetapi selain hasil laut Banten juga memiliki potensi dalam bidang pertambangan, perkebunan, industry, pertanian dan yang tak kalah penting pariwisata. Sebagai salah satu daerah tujuan wisata, Banten pun mempunyai berbagai destinasi wisata yang tak kalah populer dengan wisata-wisata yang lain. Berikut beberapa wisata Banten yang saya rekomendasikan antara lain:

  1. Pantai Anyer

Berhubung provinsi Banten diapit sana sini oleh lautan, mari kita mengenal terlebih dahulu wisata Banten dalam bidang bahari ya. Salah satu pantai yang terkenal di Banten adalah pantai anyer, anda pasti pernah mendengarnya kan?. Kalaupun buka tak apa-apa, karena saya akan coba jelaskan objek wisata pantai Anyer yang ngehits ini. Jadi nama Anyer adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Daerah ini (anyer) memiliki banyak  pantai yang sangat terkenal dikalangan wisatawan, salah satunya adalah pantai Anyer. Pantai anyer memiliki pasir putih yang membentang luas. destinasi wisata andalan Banten ini pengunjung mayoritas dari Jakarta dan sekitarnya. Apa saya ya yang bisa anda lakukan di pantai yang begitu eksotis?. Jawabannya banyak sekali mulai dari berenang, karena pantai Anyer ini aman lho untuk berenang. Selajutnya anda bisa mencoba snorkeling, diving , jetski, banana boat atau sekedar bermain pasir di tepi pantai juga tak kalah menyenangkannya lho. Nah bagi anda yang suka ngacamp di pantai, wisata Banten pantai anyer ini memperbolehkan wistawan untuk ngecamp, seru pastinya dong. Datang bersama keluarga dan menikmati liburan bersama di pantai Anyer merupakan momen yang tak boleh anda lewatkan. Disekitar pantai juga terdapat banyak hotel maupun restoran penungjang wisata, jadi anda tak usah khawatir dengan fasilitas pantai Anyer ya. Buat anda-anda anak muda kekinian jangan lupa berpoto-poto ria di Pantai Anyer ya. Untuk melengkapi wisata Banten photos anda, dan jangan lupa menguplod nya di sosmed, agar orang semakin banyak yang mengenal wisata Banten Indonesia yang lagi hits akhir-akhir ini. untuk harga tiket masuk pantai Anyer ini cukup terjangkau ko tergantung kendaraan apa yang anda bawa. Motor biasanya 15-25 rbu, mobil 50-100 rbu dan bus pariwisata bisa sampai 500 rbu.

  1. Rumah Hutan Banten

Nah kalau yang ini objek wisata Banten yang unik banget lho, kenapa?. Karena ditengah-tengah hutan yang lebat terdapat beberapa rumah layak nya perkampungan kecil gitu. Dan rumahnya pun sangatlah sederhana. Ide ini pertama kali muncul dari benak seorang Lim Oeng Ping lelaki keturunan tionghoa pada tahun 2015 lalu. Dia bercita-cita ingin menjadikan hutan di Banten sebagai surge. Alhasil diapun membangun rumah hutan impiannya dengan membeli tanah pada tahun 2005 seluas 6000 m2 kemudian mengajak warga untuk membantu membnagun.  Dan jadilah seperti sekarang, malah rumah hutan yang dulu digagas olehnya menjadi objek wisata yang cukup populer di Banten maupun sekitarnya. Di rumah hutan Banten ini terdapat pondok-pondok, lumbung padi, perpustakaan, lapangan badminton, kandang ternak seperti ayam dan kambing. Pokoknya seperti kampung khas pedesaan jadul banget deh. Wisata Banten terbaru ini lokasinya berada di Jl kh Hotib, Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten. Beberapa fasilitas yang akan anda dapatkan sat berkunjung ke tempat wisata Banten 2017 ini antara lain area parkir luas, tempat istirahat, kamar mandi, kamar mandi dan masih banyak lagi.

Puas menikmati objek-objek wisata di Banten yang sangat bagus, jangan lupa untuk mencicipi wisata kuliner nya juga ya. Ada beberapa kuliner di Banten yang harus anda coba jika berlibur kesini, misalnya pertama kue cucur. Kue cucur merupakan makanan khas dari daerah sawareh, lebak Banten. Kue cucur terbuat dari bahan dasar gula merah dan tepung beras disajikan untuk acara-acara pernikahan, maupun acara keluarga lainnya. Tapi meski begitu jangan khawatir jika anda ingin mencoba kue cucur, karena dijual pula kok untuk oleh-oleh wisatwan. Kedua, Rabeg Banten. Rabeg Banten merupakan makanan khas Banten, rabeg sendiri artinya jeroan kambing. Kemudian diolah dengan bumbu rempah-rempah seperti lengkuas, lada, kayu manis, jahe dan penyedap lainnya yang membuat rabeg ini enak sekali. Penasaran kan untuk menciipinya?. Segera rencanakan wisata Banten anda bersama keluarga tercinta. Ini ulasan saya, bagaimana dengan anda?.

 

 

Wisata alam Jogja yang Eksotis Banget

Jogja tidak hanya kaya akan wisata budayanya saja, tetapi wisata alam Jogja pun tak kalah menariknya. Menikmati udara bebas sambil merasakan sejuknya alam terbuka masih menjadi hal yang dicari wisatawan. Apalagi jika anda dari kota dan tinggal di kota, kegiatan sehari-hari dengan hiruk pikuk kota terkadang membuat kepala sedikit sakit. Nah luangkan waktu anda untuk merelaksasi tubuh dan pikiran anda dari cape kegiatan sehari-hari. Solusinya adalah berlibur ke tempat wisata yang berbau-bau alam gitu, dan Jogja pun mempunyai destinasi wisata alam yang tak kalah dengan Bandung maupun Malang. Berikut beberapa wisata alam Jogja yang tepat buat anda.

  1. Bukit Pengilon

Tempat wisata alam Jogja 2017 ini sangat hits akhir-akhir ini apalagi di kalangan anak muda. Bukit pengilon merupakan hampararan padang rumput yang merupakan bagian dari Gunung Api Purba Batur. Dari atas bukin ini anda bisa melihat pemandangan yang sangat luar biasa seperti gugusan pantai-pantai Gunung Kidul yang terkenal eksotis itu lho. Beberapa gazebo di tempat wisala alam jogja terbaik ini telah didirikan untuk anda sekedar beristirahat maupun poto-poto cantik. Untuk menikmati pesona Yogyakarta dari bukit ini, caranya adalah dengan camping di bukit ini, emang boleh?. Anda diperbolehkan untuk camping di bukit ini yang penting jaga sopan santun juga jaga kebersihan ya, jangan sampai membuang sampah sembarangan pokoknya. Nah hal yang anda dapakna saat camping disini ialah anda bisa menyaksikan pemandangan saat sunrice dan sunset tiba, wowww menyenagkan sekali bukan?. untuk lokasi bukit pengilon sendiri berada di desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hamparan padang rumput yang hiaju membentang luas dengan view lautan biru sungguh indah buat background fotogrfi, makanya jangan lupa untuk berpoto-poto ria disini ya. Puas menyaksikan pemandangan dari atas bukit, anda pun bisa menuruni bukit menuju ke pantai untuk merasakan lembutnya pasir pantai dan segarnya air biru pantai Gunung Kidul. Tempat wisala alam Jogja ini baru dibuka sekitar dua bulan yang lalu, tetapi sudah ramai dikunjungi wisatawan saja. Itu karena keindahan bukit pengilon yang langsung jadi pembicaraan nitizen di berbagai sosmed. Kemudian terkait uang masuk tempat wisata alm Jogja bukit pengilon relative murah kok, yakni 5 rbu/orang saja plus uang parkir 2 rbu untuk kendaraan roda dua dan 5 rbu untuk kendaraan roda empat.

  1. Puncak Suroloyo

Masih dengan tempat wisata ala-ala puncak, objek wisata alam jogja Kulon Progo yang stu ini juga tak kalah indahnya, namanya Puncak Suroloyo. Puncak Suroloyo lokasinya berada di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo. Ada legenda menarik dari puncak suroloyo ini, tahukah anda legenda tersebut?. Jadi dulu Raden Mas Rangsang atau terkenal dengan sebutan Sultan Agung mendapat wangsit untuk berjalan kea rah barat keraton kota gede menuju pegunungan menorah untuk menjadi penguasa tanah jawa. Dan di pegunungan menorah tersebut dia (sultan agung) melakukan tapa brata di salah satu perbukitan menoreh, salah satu perbukitan menorah yang dimaksud adalah puncak suroloyo. Menarik bukan legenda dari tempat wisata alam Jogja yang satu ini. Nah akses ke puncak suroloyo ini cukup sulit, anda akan menempuh jalanan yang cukup curam dengan jurang dan bukit di kanan kiri jalan. Namun semua rasa takut dan lelah anda saat diperjalanan akan terbayar sudah saat sampai di puncak yang begitu eksotis ini. di atas puncak sudah tersedia 3 gardu pandang untuk menikmati indahnya alam jogja, bahkan dari puncak suroloyo ini anda bisa melihat bangunan megah Candi Borobudur lho, keren sekali kan?. Tempat wisata alam Jogja yang masih sepi ini cocok banget buat anda yang ingin menenagkan pikiran akibat stress kegiatan sehari-hari. puncak Suroloyo ini juga sering dijadikan tempat upacara-upacara adat tertentu warga setempat. Misalnya upacara jamasan seiap tanggal 1 sura. Upacara jamasan merupakan upacara pusaka tombak kyai Manggolo Murti dan Songsong Manggolo Dewo yang tempatnya terletak di sendang Kawidodaren, tidak jauh dari puncak suroloyo. Harga tiket masuk puncak suroloyo cukup murah yakni hanya 2 rbu/orang saja.

Bagaimana, sungguh luar biasa buka wisata alam jogja. Maka segera rencanakan liburan anda ke kota istimewa yang satu ini dan jangan lewatkan wisata alam yang super eksotis di Jogja. Selain kota pelajar, jogja pun menyimpan keindahan alam yang sangat luar biasa untuk anda nikmati. Berlibur ke jogja akan menambah tingkat kebahagian anda. Dan sesekali saat liburan di jogja jangan lupa berbelanja oleh-oleh di pasar Bringharjo yang menjadi icon wisata Yogyakarta. Inilah ulasan saya terkait wisata alam Jogja, Bagaimana dengan anda?.