Wisata Kuliner Bali kaya Akan Cita Rasa Rempah Nusantara

 

Bali merupakan salah satu daerah yang memiliki potensi besar dalam bidang pariwisata seperti halnya Jakarta, Bandung, Surabaya, maupun Yogyakarta. Pulau Bali juga sangat terkenal di mancanegara karena keindahan alamnya, kesenian, budaya dan tradisi masyarakatnya yang dijiwai oleh agama Hindu. sarana dan prasarana seperti hotel, restoran, biro perjalanan wisata membuat wisatan Bali dari tahun ke tahun semakin meningkat. Selian berbagai tempat wisata yang menarik di Bali, Bali juga mempunyai wisata kuliner yang tak ada duanya. jika anda berlibur ke Bali jangan lupa ya untuk ber wisata kuliner Bali. Berikut beberapa rekomendasi wisata kuliner Bali yang tak boleh anda lewatkan jika berlibur ke pulau dewata ini.

  1. Wisata Kuliner Bali Kuta.
  2. Ayam Betutu khas Gilimanuk.

Jika anda mencari kuliner Bali halal serta murah, ini dia alternative nya Ayam Betutu khas Gilimanuk. Ayam betutu merupakan kuliner khas Bali yang sangat terkenal lho, belum ke Bali kalau anda belum memcoba ayam Betutu, terutama ayam bettu khas Gilimanuk yang satu ini. ayam betutu merupakan olahan ayam yang dipanggang dengan bumbu rempah rempah yang sangat menggoda. Pada awalnya ayam betutu ini hanya dimasak untuk acara-acara keagamaan saja lho. Tapi lambat laun ayam betutu tersedia di berbagai hotel maupun restoran karena wisatawan menyukai masakan khas Bali ini. Wisata kuliner Bali Kuta ini lokasinya berada di Jl Raya Tuban no 2 Tuban-Kuta, Bali yang buka mulai jam 9 pagi sampai jam 10 malam. Kisaran harga nya mulai dari 10.000 hingga 78.000/porsi.

  1. Ayam Plengkung Resto.

Masih menu ayam ya, tapi yang ini olahannya berbeda dong dengan ayam betutu. Ayam plengkung resto ini merupakan salah satu restoran halal di Bali dengan menu berbagai olahan ayam dan juga ikan. Resto ini tempat nya tidak terlalu besar, ruanganya terbagi dua, yang AC dan non AC. Anda tinggal milih tempat yang mana yang nyaman menurut anda. Menu-menu yang ditwarkan wisata kuliner Bali ini menu-menu khas Indonesia seperti ayam bakar, plecing kangkung, tempe penyet, kerapu bakar, sayur asem, dan berbagai olahan seafood. Biasanya menu yang paling favorit wisatawan adaah kerapu bakar, udang bakar dan ayam bakar. Hayoo tunggu apalagi, jika berlibur ke Bali, anda harus mnyempatkan waktu untuk makan di tempat ini. alamat ayam Plengkung Resto berada di Jalan Raya Kuta no 90 Kuta Bali buka dari jam 09.30-01.00 kisaran harganya 50/porsi.

 

  1. Wisata Kuliner Bali Murah Enak
  2. Restoran Renon.

Restoran renon merupakan tempat makan dengan menu utama dimsum yang enak juga harganya terjangkau. Restoran renon juga mempunyai fasilitas cukup lengkap. Tempat yang luas, jadi anda ga perlu khawatir untuk tidak kebagian tempat, karena memang restoran ini ramai sekali pengunjung setiap harinya. Kamar mandi yang bersih, juga didpan restoran tersedia ATM. Untuk harga anda jangan khawatir karena restoran renon merupakan salah satu tempat wisata kuliner Bali murah sekaligs enak. Harga yang ditawarkan bervariasi mulai dari 16 rbu/porsi sampai 30 rbu/porsi, cukup murah bukan untuk ukuran Bali?. Oiya anda sebaiknya jangan malam ya kalu mau makan di restoran ini, karena restoran ini hanya buka dari jam 10 pagi sampai jam 3 sore aja. Lokasinya pun mudah anda jangkau yakni berada di Jl Cok Agung Tresna no 85, Denpasar Timur, Bali.

  1. Bale Udang Mang Engking.

bagi anda penggemar olahan Seafood, Bali pun punya rekomendasinya untuk anda yakni Bale Udang Mang Engking. Lokasi Bale udang Mang Engking berda di Jl Nakula no 88, Sunset Road, Kuta, Bali. Restoran favorit dekat pantai kuta ini menawarkan berbagai menu olahan udang yang super enak. Olahan tersebut antara lain udang goreng, udang kukus, udang bakar dan masih banyak lagi. nah waktu yang tepat untuk datang ke bale udang mang engking ini pada malam hari ya. Karena pada malam hari biasanya ada pertunjukan seni tradisional bali yang bisa anda tonton sambil menyantap makanan yang enak-enak disini. Bale udang mang engking buka mulai jam 11 siang sampai jam 10 malam, harga yang ditawarkan mulai dari 30 rbu/porsi.

 

  1. Wisata Kuliner Bali Malam Hari

Salah satu kuliner bali yang tak boleh anda lewatkan salah satunya adalah Nasi pedes bu andika. Nasi pedes bu andika merupakankuliner yang popular dan banyak dicari oleh wisatawan, khususnya wisatawa domestic. Dan bagi anda yang lapar tengah malam, jangan khawatir karena warung pedes bu andika ini buka 24 jam lho. Menu yang ditawarkan bervariasi mulai dari mie goreng, ayam goreng, teri goreng, perkedel, semur dan masih banyak lagi. nah kalau anda makan disini jangan lupa cicipi sambalnya ya, karena sambel ini lah yang menjadi ciri khas warung Nasi pedes bu andika ini. warung nasi pedes bu andika lokasinya berda di Jl raya kuta no 100, Kuta, Bali. Berikut beberapa ulasan mengenai wisata kuliner Bali versi saya, bagaimana dengan anda?. Ayo segera rencanakan liburan anda ke pulau dewata yang cantik ini.

 

 

 

Wisata Anyer Surganya Wisata Pantai

Anda Pernah mendengar daerah yang satu ini, wisata Ayer cukp populer lho di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Sebelum anda mengenal beberapa wisata Anyaer, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal profil daerah yang satu ini. Jadi Anyer merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Objek wisata Anyaer yang paling terkenal adalah pantaiya. Kecamatan Anyer di utara berbatasan dengan kota Cilegon, di timur dengan kecamatan Mancak, selatan dengan kecamatan cinangka dan di barat dengan selat sunda. letaknya yang strategis membuat daerah ini sangat kaya akan potensi wisata terutama sejak dibukanya jalan raya pos Anyer-Panarukan pada abad ke 19 yang dibangun oleh belanda sepanjang 1000 itu. Mau tau wisata apa saja yang bisa anda temui di Anyer ini. berikut beberapa tempat wisata Anyer yang recommended banget.

  1. Pulau Sangiang

Wisata Anyer yang bagus satu ini bernama Pulau Sangiang. Pulau ini sangat terkenal karena merupakan salah satu deretanpantai pasir putih Anyer. Pulau Sangiang bak surge tersembunyi saja, kenapa saya sebut demikian?. Karena panorama yang ada di pulau ini sangatlah luar biasa cantiknya. Apalgi pulau ini kondisinya masih sangat alami, dereran pohon yang membentuk hutan-hutan hijau serta pemandangan bawah laut pulau sangiang sungguh menakjubkan. Nah bagi anda yang ingin mengunjungi pulau yang memepesona ini, perahu untuk mengantar anda pulang pergi sudah siap siaga lho. Kemudian untuk masalah biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar perahu dan keliling pulau sangiang adalah 2 juta/perahu untuk 20 orang. namun anda masih bisa tawar menawar lho ya, pinter-pinter lobi sama bapaknya aja ya. Pulau sangiang ini berada di selat sunda yang memisakan pulau jawa dengan pulau sumatera tepatnya berada di Desa Cikoneng, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. Dulu pulau sangiang meruapakan cagar alam yang kemudian pada ahun 1991 diubah menjadi wisata perairan dengna luas sekitar 720 hektar. Tau nih yang menjadi andalan wisata pulau sangiang apa? Ya andalannya adalah patai yang masih sepi serta alami dengna pasir putih yang begitu lembut disertai air pantai yang biru jernih. Saat anda mengunjungi wisata Anyer pulau ini jangan sampai tidak menikmati keindahan bawah lautnya ya, anda pun bisa melakukan diving atau snorkeling untuk menikmatinya. Ikan bawah laut pulau Sangiang sangat beragam lho yang didominasi oleh ikan nemo yang lcu banget itu.

  1. Pantai Tanjung Lesung

Pantai tanjung lesung merupakan wisata Anyer 2017 yang sedang hits banget lho di kalangan wisatawan. Hal ini karena keindahan pantai yang taka da duanya. Wisata Anyer yang satu ini meruapakan tempat wisata primadona terutama bagi warga Jawa Barat. Pantai ini bernama tanjung lesung karena daerah tanjung dan pantainya pun menjorok le laut seperti lesung. Pantai yang seluar  150 hetkar ini meskipun ramai pengunjung tapi anda akan tetap merasa dimanjakan dengan panorama alam yang ada. Pasir putih dan batu karang pantai pun akan membuat anda merasa sangat nyaman memandangi dan menikmatinya. Ada spot paling menarik nih di pantai tanjung lesung, yaitu di sbelah utara. Spot tersebut merupakan sebuah tebing berbentuk laguna cantik dengan air tenang yang dalamnya mencapai 5 meter. Nah anda bisa menggunakan spot unggulan pantai ini untuk aksi-aksi narsis bersama camera, pasti indah sekali hasil potonya. Tanjung lesung pun menyediakan berbagai wahana yang bisa anda nikmati seperti banana boat, jetski, snorkeling dan bagi anda yang hobby mincing, tersedia juga tempat memancing. Bagi anda yang ingin menikmati keindahan pantai ini lebih lama, telah tersedia berbagai penginapan di sekitar pantai ada resort, hotel maupun homestay. Tergantung anda ya ma pilih penginapan yang mana, sesuai kantong anda sendiri hehe. Untuk harga tiket masuk wisata anyer tanjung lesung ini lumayan murah yakni 15 rbu/orang, tiket sewaktu-waktu bisa berubah tapi ya.

Bagaimana menarik sekali bukan beberapa objek wisata Anyer yang saya recomendasikan untuk anda. Maka dari itu segeralah agendakan liburan anda ke kota anyer bersama keluarga, teman maupun pasangan ya. Dan saat anda berada di Anyer jangan lupa untuk mengeksplore wisata kuliner Anyer yang terkenal enak-enak lho. Mau tau apa saja kuliner khas Anyer?. Ada bererapa kuliner khas Anyer yang sangat enak misalnya sop ikan. Sop ikan di anyer ini bukanlah sop ikan biasa lho, karena mumpunyai cita rasa yang berbeda dengan sop ikan di tempat lain. Salah satu warung makan yang terkenal menu sop ikan nya yang super lezat adalah RM Tarkatan, lokasinya berada di jalan raya pantai anyer. Porsi sop ikan disini pun besar lho, harga sop ikan ukuran sedang 50/pori dan untk ukuran besar 100 rbu/porsi. Satu porsi sop ikan bisa anda nikmati dua sampai 3 orang lho, seru dong pastinya. Bagaimana semakin tertik kan untuk mengeksplore wisata Anyer. Berikut ulasan saya terkait wisata Anyer, bagaimana dengan anda?.

 

Tempat wisata di Ubud yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Sebelum mengenal berbagai tempat wisata di Ubud yang keren-keren untuk anda kunjungi, ada baiknya anda terlebih dahulu mengenal profil daerah yang satu ini. Jadi Ubud merupakan sebuah tempat peristrahatan di daerah Kab Gianyar, Bali. Orang mancanegara pertama kali mengenal Ubud karena lokasinya yang terletak diantara sawah dan hutan dan jurang-jurang gunung yang membuatnya penuh dengan panorama alam begitu indah. Ubud juga dikenal karena kesenian dan budaya nya yang sangat berkembang. Sehingga Ubud pun sudah identic dengan kesenian. Di Ubud sendiri anda akan menyaksikan banyak sekali galeri-galeri seni, lengkap dengan arena pertunjukan music maupun seni yang selalu digelar setiap malamnya. Di Ubud sendiri memiliki kawasan wisata yang sangat banyak, mau tau tempat wisata di Ubud apa saja yang bisa anda kunjungi?. Berikut beberapa tempat wisata di Ubud yang recommended banget.

  1. Ayung River Rafting

Tempat wisata di Ubud pun tak melulu terkait seni dan budaya, yang satu ini sangat pas bagi anda para pecinta alam. Ya di Ubud juga ada sungai yang menawan dan sangat cocok untuk kegiatan rafting yang super seru. Keamanan untuk rafting di sungai ini sudah terjamin lho, karena pemandu nya pun sangatlah profesional. Saat sampai di titik point rafting anda pun akan terlebih dahulu mendapat pengarahan dari dari pemandu yang berpengalaman. Kemudian pemandu pun akan mengenalkan berbagai peralatan rafting seperti jaket pelampung, dayung, perahu karet. Lengkap dengan informasi posisi duduk yang benar saat diatas perahu, cara penyelamatan jika perahu terbalik, dan hal lain yang berkaitan dengan rafting tersebut. kemudian rafting di sungai ayung ini sudah tersedia perahu karet kapasitas 4 orang dan 6 orang dan setiap perahu nya akan ditemani 1 orang pemandu. Biasanya lama waktu yang akan anda tempuh yakni sekitar 2 jam dengan jarak 12 km. olahraga yang satu ini sangat lah seru dan menantang, apalgi kalau anda melakukan nya bersama rombongan, wah akan menyenagkan sekali. Tempat wisata Di Ubud 2017 ini super sik deh pokoknya apalgi bagi anak-anak muda yang sangat suka akan tantangan dan petualangan

  1. Mandala Wisata Wenara Wana

Mandala wisata wenara wana atau Hutan Monyet Ubud merupakan sebuah cagar alam yang dilengkapi dengan kompleks percandian di daerah Ubud. Tempat wisata di Ubud Gianyar Bali ini terdapat kurang lebih 340 ekor monyet ekor panjang. Ada sekitar 4 kelompok monyet yang menempati daerah yang berbeda di taman ini. Yang menarik adalah di mandala suci wenara wana ini biasanya ada pertunjukan atau atraksi yang populer banget dan sering dikunjungi wisatawan. Hutan yang satu ini cukup luas yakni sekitar 27 hektar, lengkap dengan 115 spesis pepohonan yang membuat hutan ini begitu rindang dan sejuk. Di dalam hutan wenara wana ini terdapat sebuah pura yang masyarakat setempat sering menyebutnya dengan nama candi Pura Dalem Agung Padangtegal. Candi tersebut merupakan sumber kesucian candi-candi lain yang digunakan untuk upacara kremasi. Tempat wisata di Ubud Monkey Forest ini buka dari jam 08.30-18.00, ada hal yang perlu anda perhatikan ya saat memasuki monkey forest adalah terkait makanan yang anda bawa. Karena kera disini sudah biasa berinteraksi dengan manusia, jadi jika anda bawa akanan jangan ragu-ragu ya untuk memberikannya pada kera, nanti bisa-bisa anda diserang segerombolan kera. Kemudian yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah terkait berjalan. Maksudnya apa?, berjalanlah di jalan setapak yang sudah tersedia ya jangan sampai memasuki area hutan, karena nanti kera-kera akan merasa terganggu. Kemudian sebisa mungkin jangan memakai perhiasan ataupun kacamata, hal ini karena kemungkinan kera akan mengambil barang-barang tersebut. Untuk tiket masuk wenara wana ubud ini adalah 50 rbu/orang untuk dewasa dan 40 rbu/orang untuk anak-anak.

Untuk melengkapi eksplore tempat wisata di Ubud anda. Ada baiknya anda mencicipi kuliner khas Ubud yang terkenal enak-enak baik di kalangan wisatawna domestic maupun mancanegara. Kuliner-kuliner tersebut tersaji di beberapa tempat nongkrong asik di Ubud. Mau tau apa saja tempat wisata di Ubud untuk nongkrong dan menikmati masakan khas Bali. Beberapa tempat tersebut diantaranya pertama Seniman Coffe Studo. Café ini cocok sekali bagi anda penggemar kopi, kopi yang tersedia pun tentunya kopi khas Bali dong. Lokasinya berada di Jl Sriwedari no Ubud, Gianyar. Kemudian yang kedua Bebek Bengil. Restoran bebek bengil ini sangat terkenal lho di Bali. Menu yang disajikan disini semuanya ada bebeknya lho mulai dari bebek goreng, bebek saus cabai, nasi goreng bebek, bebek betutu, dan olahan bebek lainnya yang sangat enak-enak. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata di bud, bagaimana dengan anda?.

 

Mandala Wisata Wenara Wanna Agak Mistis Namun Eksotis

Pernah mendengar Mandala Wisata Wenara Wanna bali yang terkenal?. Jika belum mari kita mengenal wisata unik yang satu ini. Mandala Wisata Wenara Wanna atau Hutan Monyet Ubud merupakan sebuah cagar alam yang dilengkapi dengan kompleks percandian di daerah Ubud. Di wannara wanna ini terdapat kurang lebih 340 ekor monyet ekor panjang. Ada sekitar 4 kelompok monyet yang menempati daerah yang berbeda di taman ini. Yang menarik adalah di Mandala Suci Wannara Wanna ini biasanya ada pertunjukan atau atraksi yang populer banget dan sering dikunjungi wisatawan. Hutan yang satu ini cukup luas yakni sekitar 27 hektar, lengkap dengan 115 spesis pepohonan yang membuat hutan ini begitu rindang dan sejuk. Di dalam hutan Mandala Wisata Wenara Wanna ini terdapat sebuah pura yang masyarakat setempat sering menyebutnya dengan nama candi Pura Dalem Agung Padangtegal. Candi tersebut merupakan sumber kesucian candi-candi lain yang digunakan untuk upacara kremasi.

Untuk mengunjungi monkey forest ubud (bahasa yang biasa digunakan wisatawan untuk menyebut mandala wisata wenara wanna) dalam hal transportasi tergantung dari mana kawasan hotel anda menginap. Jika anda menginap di hhotel ubud, maka naik taxi merupakan pilhan yang lumayan enak karena harganya yang murah. Namun jika anda menginap di hotel kawasan tempat wisata Bali selatan. Maka tranportasi terbaik untuk sampai ke Mandala Wisata Wenara Wanna adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau pun mobil. Mandala Wisata Wenara Wanna ini buka dari jam 08.30-18.00, ada hal yang perlu anda perhatikan ya saat memasuki wenara wanna adalah terkait makanan yang anda bawa. Karena kera disini sudah biasa berinteraksi dengan manusia, jadi jika anda bawa akanan jangan ragu-ragu ya untuk memberikannya pada kera, nanti bisa-bisa anda diserang segerombolan kera. Kemudian yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah terkait berjalan. Maksudnya apa?, berjalanlah di jalan setapak yang sudah tersedia ya jangan sampai memasuki area hutan, karena nanti kera-kera akan merasa terganggu. Kemudian sebisa mungkin jangan memakai perhiasan ataupun kacamata, hal ini karena kemungkinan kera akan mengambil barang-barang tersebut. Untuk tiket masuk Mandala Wisata Wenara Wanna ubud ini adalah 5o rbu/orang untuk dewasa dan 40 rbu/orang untuk anak-anak.

Saat sampai di pintu masuk, anda akan menemui beberapa pedagang yang menjual pisang, nah anda bisa membelinya untuk nanti saat berada di dalam memberikannya pada monyet. Waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat sore hari beberapa jam sebelum tutup lah. Karena pada jam-jam tersebut monyet-monyet pun sudah kenyang, karena telah banyak memperoleh makanan dari wsatawan. Saat sampai di Mandala Wisata Wannara Wanna jangan lupa berpoto bersama monyet-monyet yang lucu ya. Mintalah tolong pemandu wisata anda untuk mempoto anda bersama monyet. Selian melihat monyet dan berinteraksi bersama di wannara wanna ini juga anda bisa elihat kuburan para leluhur masyarakat Bali. Kalau anda datang di waktu yang tepat, anda pun bisa menyaksikan upacara dolanan maupun upacara pembakaran mayat di pura. Saat lapar menyergap perut anda, karena lelah berjalan-jalan di hutan ini, teanng saja.  Karena tak jauh dari Mandala Wisata Wenara Wanna tepatnya di jalan hanoman ada sebuah restoran bebek bengil yang menyediakan bebek goreng dan bebek bakar yang begitu legendaris.

Saat berkunjujung ke hutan monyet ubud, selain anda bisa menyaksikan tingkah lau monyet yang lucuc-lucu. Andapun bisa menyaksikan pemandangan hutan, lembah, sungai, dan pura yang menambah nuansa liburan anda begitu menyenangkan. Dengan pohon-pohon tropis yang menjulang tinggi membuat suasana semakin sejuk dan anda pun akan betah untuk sekedar duduk-duduk santai lebih lama di hutan ini. Hampir lupa nih, untuk lokasi hutan kera ini berada di Padang Tegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Fasilitas pendukung wisata di hutan monyet ini sudah cukup lengkp ya mulai dari  toilet bersih, parkir. Yang tak boleh anda lewatkan adalah berbelanja oleh-oleh di toto-toko souvenir seperti pakaian, lukisan, teun, ukiran dan masih banyak lagi.

Untuk melengkapi liburan anda di  Mandala Wisata Wenara Wanna ubud ini, saya rekomendasikan beberapa tempat makan di sekitar Mandala Wisata Wenara Wanna yang akan memanjakan perut anda. Ada banyak warung makan yang bisa anda temui dengan berbagai menu yang enak-enak, salah satunya adalah 9K warung. Warung yang satu ini sangat cocok bagi anda pecinta vegetarian, karena  warung ini emang menyediakan berbagai menu vegetarian. Lokasinya berada di lot tunduh, sebrang galeri tanah tho. Warung ini mempunyai konsep self-service lho, artinya anda bebas engambil sendiri, memilih sendiri. Harganya pun sangatlah terjangkau, cukup dengan mengeluarkan kocek sebesar 9000 nda sudah bisa makan enak dan tentunya sehat. Inilah ulasan saya terkait Mandala Wisata Wenara Wanna, bagaimana dengan anda?

 

 

 

Wisata Bali Surganya Alam Tropis Indonesia

Liburan identik dengan Bali bukan? Ya wisata Bali memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bugus-bagus. Wisata Bali tak hanya terkenal dengan wisata seni budaya dan keindahan pantainya saja. Mayoritas penduduk Bali beragama Hindu sehingga tidak heran Balipun banyak dihiasi oleh pura-pura tempat Ibadah umat Hindu yang sangat eksotik. Beberapa wisata Bali yang harus anda coba misalnya pertama Wisata Bali Selatan yaitu Tanjung Benoa.Wisata Bali (Tanjung Benoa) merupakan objek wisata permainan air yang banyak diminati wisatawan. Bagi anda yang suka snorkeling, tanjung benoa memiliki keindahan bawah laut yang dapat memanjakan mata anda. Harga tiket masuk area ini yaitu Rp 5.000/mobil, Rp 10.000 untuk bus pla Bali, dan Rp. 15.000 untuk bus plat luar Bali. Harga tiket masuk tersebut belum termasuk permainan, kalau mau menggunakan fasilitas bermain, anda perlu mengeluarkan uang sendiri. Misalnya untuk perminan banana boat 75 ribu/orang, jetski 150 ribu/orang, flying fish 150 ribu/orang, snorkeling 150 rbu/orang, dan masih banyak lagi. Tanjung Benoa juga cocok untuk anda jadikan alternatif wisata bali untuk anak maupun pasangan.
Kedua, Wisata Bali Utara yang menawarkan deretan pantai dengan pasir putih yang begitu lembut, air terjun yang indah dan pemandian air panas. Cocok untuk sekedar menghilangkan penat kegiatan sehari-hari anda. Salah satu wisata Bali utara adalah pantai lovina. Pantai lovina menawarkan sensasi liburan pantai dengan air laut yang tenang dan terumbu karang yang cantik. Arti nama Lovina sendiri ialaha “Love” yang bererti cina dan “ina” yag berarti Indonesia. Jadi lovina artinya Cinta Indonesia. Di pantai Lovina anda dapat menikmati indahnya sunrise juga anda bisa bertemu lumba-lumba secara bebas disini. Bahkan nama lain Pantai Lovina adalah Pantai Lumba-lumba. Karena disini lumba-lumba hidup dengan bebas, takan da nelayan yang berani menangkap lumba-lumba untuk dijual. Karena ikan-ikan disini telah mendapat perlindungan hukum daerah setempat. Untuk dapat menikmati keindahan lau Lovina dan bermain main dengan lumba-lumba, anda bisa melakukan snorkeling di pantai ini. Atau jika anda ingin menyaksikan lumba-lumba muncul ke permukaan yaitu pada jam 05.00-08.00 pagi dan anda pun bisa berenang dengan lumba-luma yang menggemaskan.
Ketiga, dari Urata lanjut ke wisata Bali Barat yang banyak wisatawan ketahui. Misalnya saja Taman Wisata Air Tirta Lestari. Wisata Bali yang satu ini terletak di Kecamatan Pekutatan, Kabupaten Jembrana, Bali Barat. Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi tempat ini adalah pemandangan kelapa hijau yang berjejeran dan hewan liar yang berada di sepanjang sungai. Hewan liar disini bisa kamu temui karena berada di alam terbuka seperti biawak dan burung kokoan. Ada beberapa biota yang hidup disungai ini seperti udang, kepiting, kakap merah. Pengunjungpun boleh memancing disini, bahkan untuk kepiting dan udang, pengunjung bisa langsung mengambilnya sendiri tanpa perlu menggunakan alat memencing, seru bukan?. Tariff masuk wisata Bali (taman air Tirta lestari) ini cukup murah yakni 5.000/orang. Destinasi wisata Bali ini cocok sekali jadi anda kunjungi bersama keluarga, teman, maupun pasangan. Wisata Bali Barat yang lain adalah Taman Nasional Bali Barat yang terletak di Kabupaten Jembrana dan Kabupaten Buleleng. Taman nasional ini memeliki luas sekitar 77.000 hektar atau sekitar 10% dari keseluruhan pulau Bali. Apakah anda pernah mendengar yang namanya Buung Curik? Nah di taman nasional ini burung curik yang mulai langka di Bali dapat anda temui. Berbagai ekosistem flora dan fauna membentang luas di areal taman nasional ini. bahkan tempat ini biasa menjadi tempat penelitian untuk kepentingan ilmu pengetahuan. Ada beberapa hewan langka yang ada ditempat ini seperti, menjangan, burung jalak bali, kijang, kera abu-abu, kancil dan masih banyak lagi. .
Untuk melengkapi pilihan anda jika berlibur ke Bali, berikut beberapa wisata Bali 2017 terbaru yang bisa anda jadikan alternatif untuk berlibur.
1. Danau Beratan Begudul (di Jl Begudul-Singaraja, Candikuning, Baturiti, Kabupaten Tabanan. Tiket masuk 20 rbu/orang).
2. Pantai Padang-padang (di Pecatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung).
3. Garuda Wisnu Kencana (Jl Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tiket masuk 70 rbu untuk dewasad dan 50 rbu untuk anak-anak).
4. Pura Uluwatu (di Pacatu, Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Tiket masuk 10 rbu/orang).
5. Pantai Jimbaran (di Jimbaran, Kuta Selatan, Kabupaten Badung).
6. Danau Batur Kintamani (di Danau Batur, SonganB, Kintamani, Kabupaten Bangli. Tiket masuk 10 rbu/orang).
7. Rafting di Sungai Telaga Waja (di Jl Sidakarya, no 163, Sidakarya, Denpasar Selatan. Tiket masuk210 rbu/orang).
8. Pantai Seminyak (di Jl Dhyana, No 99, Seminyak, Kuta. Tiket masuk gratis lo).
9. Pantai Dreamland (di Desa Pecatu, Kuta Selatan. Tiket masuk 15 rbu/mobil).
10. Pasar Seni Sukawati (di Jl Raya Sukawati, Kabupaten Gianyar. Buka 06.00-18.00).