Wisata Bukittinggi yang Tidak Hanya Cantik Tetapi Unik

Kota wisata Bukittinggi terletak di Provinsi Sumatera Barat. topografi kota yang berbukit dan berlembah serta dikelilingi oleh tiga gunung yaitu Gunung Merapi, Gunung Singgalang dan Gunung Sago menjadi daya tarik tersendiri dalam sector pariwisata Bukittinggi. Bukitinggi berada pada ketinggian 909-941 meter diatas permukaan laut, dan kota Bukittinggi memiliki hawa yang sejuk banget lho. Apa anda tahu bahwa kota Bukittinggi merupakan salah satu pusat perdagangan grosir terbesar di pulau Sumatera, wahh keren sekali bukan Indonesia ini. wisata Bukitinggi sangatlah beragam mulai dari wisata alam, wisata budaya, maupun wisata sejarah yang super edukatif. Mau tau tentang wisata-wisata berikut?.  Berikut beberapa wisata Bukittinggi yang perlu anda ketahui antara lain.

  1. Lembah Ngarai Sinaok

Wisata Bukittingi yang satu ini super-super artistic. Lembah ngarai sinaok merupakan objek wisata dengan panorama bentangan alam yang sangat cantik. Lembah sempit yang dikelilingi oleh bukit-bukit dengan tebing yang curam dan dihiasi dengan aliran sungai di tengahnya. Ini yang membuat ngarai sinaok begitu diminati wisatawan domestik maupun mancanegara. Ngarai sinaok ini membentang sepanjang 15 km dengan kedalaman tebing mencapai 100 meter. Suasana yang tenang dan begitu nyaman di tempat ini membuat lelah anda akan kegiatan sehari-hari terobati. Oiya karena di ngarai sinaok ini suasana nya begitu tenang sehingga tempat wisata bukittinggi ini oleh warga sekitar sering disebut dengan lembah pendiam. Sungai yang berada di lembah sinaok ini sering digunakan untuk kegiatan olahraga seperti arum jeram. Jika anda berminat anda pun bisa melakukan kegiatan arum jeram di sungai ini. Tiket masuk ngarai sinaok cukup murahh yakni 4 rbu/orang saja.

  1. Janjang Saribu Bukittinggi

Wisata Bukittinggi sumatera barat yang satu ini sungguh luar biasa indahnya, dan Janjang Saribu Bukittinggi ini persis lho dengan tembok besar di China. Janjang Saribu merupakan seribu anak tangga yang membentang ke kawasan bawah ngarai sinaok. Anda penasaran dengan panjang anak tangga janjan saribu ini?. Yupps panjangnya sekitar 780 meter, penjang sekali ya. Di atas puncak Jenjang Saribu terdapat sebuah perkampungan yang bernama kampung Bukik Apik. Dulunya jenjang seribu ini digunakan masyarakat bukik apik untuk mengambil air ke sungai yang ada di dasar ngarai. Tarif masuk objek wisata Bukittinggi ini cukup murah kok hanya 2 rbu/orang saja. Kegiatan yang bisa anda lakukan di sini tentunya berpoto dong. Siapa yang tak suka berpoto?. Karena sensasi berpoto di jenjang saribu ini seperti berpoto di tembok besar Cina lho, angaplah begitu ya. Ini membuktikan bahwa betapa Indonesia kaya akan potensi wisata, objek wisata di berbagai negara ada lah di Indonesia walaupun mirip-mirip dikit. Yang ada di Indonesia belum tentu ada di negara lain, wisata Bukittingi Indonesia ini sungguh menakjubkan.

  1. Lobang Jepang

Objek wisata Bukittinggi terbaru ini terkait denga sejarah lho, ya namanya saja Lobang Jepang. Lobang Jepang merupakan goa bawah tanah yang dibangun oleh tentara Jepang saat menduduki Bukittinggi. Lobang Jepang terletak di Bukit Sianok, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Lobang ini biasanya digunakan oleh tentara Jepang untuk menyimpan amunisi, tempat tinggal tentara, ruang tahanan serta ruang penyiksaan. Emm serem banget ya?. Menjelajahi kompleks terowongan ini memang sedikit membuat bulu kuduk merinding. Tapi tak perlu khawatir, karena anda akan di pandu oleh seorang pemandu wisata profesional. Lobang jepang ini memiliki panjang 1470 meter dengan 21 terowongan di dalam lubang jepang tersebut. lobang jepang yang sekarang tak seseram dulu kok, sekarang sudah dilengkapi lampu penerangan, ventilasi bahkan dipasang cctv juga. Tiket masuk wisata Bukitinggi 2017 ini cukup murah yakni 5 rbu untuk anak-anak dan 8 rbu untuk dewasa.

Untuk melengkapi wisata Bukittinggi anda, ada baiknya anda mengenal kuliner setempat saat berlibut ke kota ini. Bukittinggi terkenal dengan kuliner yang super lezat-lezat lho ya misalnya pical ayang. Pical ayang merupakan bubur manis yang terdiri dari campuran lupis, bubur lemu, candil, bubur kacang hijau yang kemudian disiram kuah santan dan gula merah. Uhhh rasanya jangan ditanya, enak sekali pokoknya. Selanjutnya kuliner Bukittinggi yang populer adalah Pical Sakai. Pical sakai ini sebenarnya kalau di Jawa pecel, Cuma kalau pical sakai ini uniknya terdapat rebusan jantung pisang dan rebung diantara sayuran lainnya. Dan bumbu kacangnya tidak cenderung manis seperti bumbu pecel khas Jawa. Harga seporsi picai sikai ini lumayan murah lah untuk ukuran Bukittinggi yakni 10 rbu/porsi. Tunggu apalagi segeralah rencanakan liburan anda ke Kota Bukittinggi yang menyimpan sejuta pesona. Berikut ulasan saya mengenai wisata Bukittinggi, bagaimana dengan anda?.

Wisata Balikpapan yang Mempesona

Balikpapan merupakan kota yang berada di Kalimantan Timur yang terdiri dari 5 kecamatan yaitu kecamatan Balikpapan Utara, Balikpapan Barat, Balikpapan Timur, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Selatan. Kota Blikpapan berbatasan dengan Kabuapaten Kertanegara disebelah utara, selat Makasar disebelah Timur dan selatan dan Kabupaten Pasir di sebelah Barat. Balikpapan merupakan salah satu kota yang berkembang dan mempunyai potensi wisata Balikpapan yang mendukung. Balikpapan juga dikenal dengan sebutan kota minyak atau kota indusri, hal ini karena di Balikpapan terdapat kilang minyak yang lumayan besar. Balikpapan juga gudangnya perusahaan-perusahaan asing dalam bidang gas atau perminyakan, industry tambang, maupun perdagangan. Kota Balikpapan juga telah mempunyai bandara dan pelabuhan dengan standar internasional untuk memudahkan pendatang maupun wisatawan yang ingin berlibur ke Balikpapan. Berikut beberapa rekomendasi saya terkait tempat wisata Balikpapan yang harus anda coba ya jika berlibur kesini.

  1. Danau Cermin Lamaru

Objek wisata Balikpapan yang satu berada di Jl Rawamangun, Kelurahan Lamaru, Balikpapan Timur. Anda pasti bertanya-tanya kenapa namnya danau cermin?. Yuupps saking jernihnya air danau ini maka kemudian warga sekitar menyebutnya Danau Cermin. Air nya yang berwarna hijau jernih bisa memantulkan dengan jelas pohon-pohon yang berada disekililingnya. Objek wisata Balikpapan terbaru ini sebenarnya belm mendapat peresmian dari pemerintah setempat. Hanya saja telah beredar poto-poto yang berlatarbelakang Objek wisata Balikpapan ini di berbagai jejaring sosial seperti facebook, path maupun instagram. Nah dari sinilah orang-orang pun makin hari makin berminar untuk berkunjung ke tempat wisata Balikpapan Danau Cermin dan hunting poto disini. Ada yang menarik nih dari wisata Balikpapan Danau Cermin ini, yaitu mitos seputar Danau. Apa itu mitosnya?. Jadi menurut kepercayaan warga setempat danau ini ada penunggunya gitu, pnungunya adalah ular besar yang berada di dalam danau. Tapi terlepas dari mitos tersebut, wisata Balikpapan Danau Cermin ini memiliki keindahan alam yang taka da duanya. tempat wisata Balikpapan Kalimantan timur (danau cermin) ini dulunya adalah bekas proyek tanah yang dikeruk dan kemudian menjadi cekung, dan sedikit demi sedikitmengeluarkan sumber air hingga membentuk sebuah danau dengan kedalaman kurang lebih 10 meter.

  1. Lamin Etam Ambors (LEA).

Tempat wisata Balikpapan ini menawarkan fasilitas liburan dengan wahana bermain yang lengkap untuk anda. Tempat wisata Balikpapan ini bernama Lamin Etam Ambors yang lokasinya berada di poros km 28 dari kota Balikpapan. Sehingga Lamin Etam Ambors juga terkenal dengan sebutan wisata Balikpapan km 28. Wisata Balikpapan yang satu ini sangatlah kental dengan nuansa aam Kalimantan, LEA luasnya sekitar 17 hektar dengan tiket masuk wisata Balikpapan ini cukup murah yakni 10 rbu/orang. Selain itu di tempat wisata Balikpapan kaltim (LEA) ini juga tersedia berbagai wahana permainan dengan harga yang cupuk terjangkau. Wahana-Wahana tersebut diantaranya flying fox, sepeda air, kolam renang, terapi ikan dan masih banyak lagi. Untuk beberapa wahana berikut rincian harganya misalnya Flying fox Rp 30.000, ATV Riing Rp 75.000, sepeda air Rp 30.000, Bola Air Rp 30.000, kereta Thomas Rp 10.000 dll. Bagi anda yang ingin menghabiskan waktu dengan menginap di tempat wisata Balikpapan yang satu ini juga telah tersedia tempat penginapan nya lho. Wisata Balikpapan Lamin Etam Ambors ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Ayo segera ajak keluarga, teman maupun pasangan anda untuk berlibur dan menikmati wahana-wahana bermain yang sangat seru di tempat wisata Balikpapan ini.

  1. Wisata Belanja Pasar Klandasan.

Nah ini dia yang paling seru saat berlibur, belanja ya belanja kegiatan yang wajib anda lakukan saat liburan. Untuk melengkapi wisata Balikpapan anda saya punya rekomendasi tempat belanja yang hits banget di Balikpapan yaitu Pasar Kladasan. Pasar Kladasan lokasinya berada di Jl Jenderal Sudirman no 9, Kladasan Ulu, kota Balikpapan. Nah pasar yang satu ini merupakan pasar tradisional lho, hayo siapa yang suka pasar tradisonal?. Beragai kebutuhan sehari-hari bisa anda temui disini mulai dari sandang, papan maupun pangan. Eitss semua yang dijual di pasar ini kwalitasnya segar-segar lho. Jadi anda tidak perlu khawatir untuk berbelanja disini. Puas berbelanja disini selanjutnya yang harus anda eksplore dari bumi Balikpapan adalah wisata kulinernya. Ada banyak sekali kuliner khas Balikpapan yang menggoda selera misalnya Kepiting dandito. Kepiting dandito ini cupuk poluler lho dikalangan wisatawan, selain popular rasanya juga tentu nikmat. Lokasi warung kepiting dandito ini terletak di Jalan Marsma Ismahyudi, no 71, Sungai Nangka, Balikpapan selatan, Kota Balikpapan. Wisata Balikpapan dan sekitarnya sangat kaya akan potensi wisatanya kan?. Untuk itu segera rencanakan liburan anda bersama keluarga, teman atau pun pasangan ke kota minyak yang satu ini. Ini ulasan menurut saya, bagaimana dengan anda?.

 

 

 

 

Tempat Wisata di Pontianak yang Ciamik Banget

Pontianak merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat yang sangat kaya akan potensi wisatanya. Sehinga saat anda berkunjung ke sini, anda pun akan dengan mudah menemui beberapa tempat wisata Di Pontianak. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya hingga wisata kulinernya. Baik biar anda ga penasaran lagi, berikut beberapa tempat wisata di Pontianak yang saya reomendasikan untuk anda.

  1. Aloe Vera Center

Kita awali dengan tempat wisata di Pontianak yang sehat-sehat ya, yakni Argo Wisata Aloe Vera Center. Aloe vera center sendiri merupakan sebuah daerah yang dikelola secara khusus untuk pengembangan tanaman lidah buaya. Lokasinya berada di jalan Budi Utomo, Siantan Hulu, Kec Pontianak Utara, Kalimantan Barat. Bisa anda tempuh sekitar 8 km dari pusat kota Pontianak, stuktur tanah gambut yang dimiliki Pontianak membuat suburnya tanaman di daerah ini, salah satunya adalah tanaman lidah buaya. Kawasan argo wisata aloe vera ini sudah terkenal lho di kalangan wisatawan domestic maupun mancanegara. Makanya jika anda berkunjung ke Pontianak jangan lupa untuk mampir ke sini ya. Tempat wisata Pontianak 2017 ini sangat cocok untuk wahana edukasi, karena disini anda bisa belajar bagaimana taama aloe vera sampai olahan-olah lezat yang terbuat dari tanaman ini. Wah seru banget kan, selain anda akan terhibur dengan suasana alamnya yang begitu memikat otomatis wawasan anda pun akan bertambah. Yang paling menarik di tempat ini tentunya anda bisa elihat sendiri bagaimana tanaman aloe vera ini kemudian diolah menjadi tepung, coklat, dodol, jelyy maupun minuman lidah buaya yang sangat menyegarkan itu lho. Produk olahan aloe vera disini telah diekspor ke berbagai negara lho seperti Malaysia dan Brunei Darusalam. Lidah Buaya tempat wisata di Pontianak ini erupakan lidah buaya jenis Aloevera Chinensis yang dapat terus dipanen sampai 12-13 tahun, wah lama banget ya. Lidah buaya ini di Pontianak merupakan lidah buaya dengan kualitas super lho, karena di setiap satu pelepahnya beratnya bisa sampai 1,2 kg. Waktu memanen lidah buaya ini biasanya saat umur lidah buaya mencapai 10-12 bulan.

  1. Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa merupakan tempat wisata di Pontianak kota yang tak boelh anda lewatkan ya saat berkunjung ke kota ini. Karena hanya ada 12 negara yang dilalui oleh garis khatuliswa, salah satunya adalah Indonesia. Namun hanya Pontianak lah yang tepat berada di garis khatulistiwa tersebut. Nah lokasi tugu ini pun merupakan titik yang persisi memisahkan bumi selatan dan juga bumi utara. Tempat wisata di Pontianak ini lokasinya berada di jalan khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat. Tugu yang asli nya ukurannya lebih kecil ya dan terdapat di dalam kompleks bangunan tugu khatulistiwa ini. Tugu ini ditetapkan pada tanggal 21 september 1991 setelah menempuh proses pembangunan yang lumayan panjang. Kemudian tugu ini pun dilindungi oleh pasal 26 UU no 5 tahun 1992 tentang cagar budaya. Ada kegiatan yang menarik nih di tugu ini, yakni setiap bulan mart dan september pada tanggal2 tertentu sering diadakan peringatan Hari Kulminasi Matahari. Hari kulminasi matahari yang dimaksud disini adalah hari dimana titik matahari berada di atas garis khatulistiwa. Saat fenomena alam ini berlangsung, bayangan tugu pun akan menghilang dalam beberapa menit meskipun terik matahari menerpa. Setiap wisatawan pun bisa melintasi garis khatulistiwa yang kemudian akan mendapatkan sertifikat. Tertarik untuk mencoba nya?, datang saja pada waktu yang tepat ya hehe.

  1. Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan tempat wisata di Pontianak Singkawang yang cocok untuk anda jadikan sebagai wisata keluarga anda lho. Sinka island park ini juga merupakan wisata andalan bagi masyarakat Pontianak. Tempat wisata ini begitu istimewakarena mmemadukan 3 konsep wisata yang sangat menarik yakni pantai, kebun binatang dan juga taman. Taman nya pun keindahannya tak ada duanya lho, taman dengan rancangan bernuansa Cina inilah merupakan tempat bermain bersama keluarga yang nyaman. Taman dengan udara yang sejuk soalnya penuh dengan jenis-jenis pepohonan yang indah ini juga ada kolam renangnya lho. Kemudian untuk pantai nya pun juga sangat indah namanya pantai Pantai Bajau. Pantai ini sangat eksotis dengan perbaduan batuan nya yang terlihat begitu artistik. Untuk mengeliling pantai maupun taman di tempat wisata di Pontianak inianda bisa menggunkan kuda dan delman yang telah tersedia. Jika anda berkrliling hanya berjalan kaki pastinya cape dong ya, soalnya island park ini luasnya aja mencapai 35 hektar lho. Anda pun bersama keluarga bisa melihat-lihat fauna kebun binatang sinka island park ini.

Bagaimana menarik-menarik kan beberapa tempat wisata di Pontianak yang saya rekomendasikan untuk anda. Makanya tunggu apalgi ayo segera rencanakan liburan anda ke kotayang amat indah ini bersama keluarga, teman maupun pasangan anda. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata di Pontianak, bagaimana dengan anda?.

 

Tempat Wisata di Samarinda yang Harus Anda Kunjungi

Sebelum mengenal beberapa tempat wisata di Samarinda yang sangat menarik-menarik untuk anda kunjungi. Ada baiknya anda mengenal terlebih dahulu profil daerah yang satu ini. Samarinda Merupakan ibu kota provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur. Sebagai kota metropolitan Samarinda mempunyai potensi wisata yang sangat potensial. Baik itu wisata alamnya wisata budaya, wisata sejarah, wisata kliner dan wisata yang lainnya. Mau tau apa aja tempat wisata di Samarinda yang bisa anda kunjungi, berikut adalah daftar-daftar nya.

  1. Kebun Raya Unmul Samarinda

Kebun Raya Unmul Samarinda atau biasa disingkat KRUS ini merupakan salah sau tempat wisata di Samarinda Kalimantan yang harus anda kunjungi ya. Pada mulanya lokasi yang menjadi kebun raya ini merupakan kawasan milik CV Kayu Mahakam. Kemudian sekitar tahun 1974 pemegang konsesi dari pihak kayu mahamakm menyerahkan lahan seluas 300 hektar pada rector Universitas Mulawarman. Nah oleh pihak Universitas Mulawarman kemudian kawasan ini dijadikan sebagai tempat konservasi untuk kegiatan penelitian mahasiswa Universitas Mulawarman, maka tak heran kalau namanya saja Kebun Raya Unmul. Kemudian pada tahun 2001 tempat ini pun selain sebagai tempat konservasi juga sebagai tempat wisata dengan nama Kebun Raya Unmul Samarinda. Tempat wisata di Samarinda kaltim ini mempunyai cukup banyak koleksi flora dan fauna lho, ada sekitara 24 jenis satwa termasuk satwa yang dilindungi yang ada di kebun raya ini. kemudian untuk flora pun cukup banyak juga misalanya jenis-jenis anggrek dan tanaman langka lainnya. Nah tanaman langka tersebut bisa anda temui di museum khusus tanaman-tanaman yang dilindungi untuk keperluan edukasi. Nah saat anda memasuki kawasan kebun raya, anda pun akan disambut dengan udara yang begitu sejuk menyegarkan. Kemudian untuk dapat masuk ke area utama, anda harus berjalan sejauh 1 km dulu, tapi tenang meski begitu anda ga akan lelah deh. Soalnya pemandangan selama perjalanan begitu mempesona untuk anda nikmati. Di dalam kebun raya anda pun bisa menikmati indahnya danau buatan dengan menyewa perahu seharga 15 rbu untuk mengelilinginya. Bisanya kan untuk melihat-lihat kebun raya, anda harus berkeliling jalan kaki. Nah anda pun bisa mencoba sensasi baru berkeliling kebun raya ini yaitu dengan menaiki delmanyang sudah tersedi, pasti sangat menyenangkan. Tempat wisata di Samarinda ini juga tersedia tempat berkemah lho, bagi anda yang suka dengan ngecamp-ngecamp gitu cocok banget deh. Harga tiket masuk kebun raya unmul samarinda ini cukup murah lho, yakni hanya 8 rbu/orang saja.

  1. Jungle Water World

Jungle water world merupakan salah satu tempat wisata di Samarinda 2017 yang sayang untuk anda lewatkan lho. karena objek wisata air yang satu ini sangat menyenangkan untuk wisata keluarga anda. Lokasi Jungle Water World ini berada di Poros Samarinda-Botang km 24, Guntunglai, Samarinda, Kalimantan Timur. Wahana wisata air ini lokasinya cukup dekat kok dengan kota, yakni hanya sekitar 30 menit saja. jalan yang akan anda tempuh pun sudah bagus lah sudah beraspal. Harga yang harus anda keluarkan yakni sekitar 100 rbu/orang saja dengan fasilitas yang tersedia pun tak tanggung-tanggung lho. ada berbagai macam jenis kolam renang, kemudian wahana permainan danau, lengkap juga dengan area outbound. Nuansa alam yang masih hijau dengan tanaman bunga warna warni menghias disana sini membuat tempat wisata di Samarinda ini begitu indah, anda pun akan betah deh lama-lama disini. Nah untuk macam-macam kolam renang nya, ada beberapa kolam renang yang akan memacu adrenalin anda seperti wadah behayut. Wadah behayut ini merupakan kolam arus berkelok dengan panjang sekitar 412 meter, waw panjang sekali ya. Kolam ini merupakan kolam dengan arus terpanjang di Indonesia lho. Ada juga wadah berendam, wadah bekucak dan beberapa kolam lain yang menarik untuk anda coba. Kemudian lengkap juga dengan wahana bermain anak-anak.  Tempat wisata di Samarinda ini juga tersedia berbagai wahana kolam yang sangat menarik-menarik, jungle water world juga ada wahana bermain di atas sungai nya lho. Ada banyak wahana yang bisa anda coba mulai dari menaiki sepeda air, dan juga kano yang bisa anda gunakan untuk mengelilingi kubangan air.

Bagaimana menarik-menarik sekali kan tempat wisata di Samarinda yang bisa anda kunjungi. Makanya ayo segera rencanakan liburan anda untuk mengeksplore Samarinda. Untuk membuat wisata Samarinda anda semakin lengkap, jangan lupa untuk mencoba wisata kuliner nya ya. Ada banyak kuliner Samarinda yang bisa anda cicipi salah satunya Ayam Cicane. Ayam cicane ini merupakan olahan ayam kampung dengan bumbu rempah yang melimpah sehingga warnanya terlihat merah menggoda. Rasanya pun sangat enak deh, ada bisa menemui makanan yang satu ini di kawasan kota Samarinda. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata di Samarinda, bagaimana dengan anda?.