Mandala Wisata Wenara Wanna Agak Mistis Namun Eksotis

Pernah mendengar Mandala Wisata Wenara Wanna bali yang terkenal?. Jika belum mari kita mengenal wisata unik yang satu ini. Mandala Wisata Wenara Wanna atau Hutan Monyet Ubud merupakan sebuah cagar alam yang dilengkapi dengan kompleks percandian di daerah Ubud. Di wannara wanna ini terdapat kurang lebih 340 ekor monyet ekor panjang. Ada sekitar 4 kelompok monyet yang menempati daerah yang berbeda di taman ini. Yang menarik adalah di Mandala Suci Wannara Wanna ini biasanya ada pertunjukan atau atraksi yang populer banget dan sering dikunjungi wisatawan. Hutan yang satu ini cukup luas yakni sekitar 27 hektar, lengkap dengan 115 spesis pepohonan yang membuat hutan ini begitu rindang dan sejuk. Di dalam hutan Mandala Wisata Wenara Wanna ini terdapat sebuah pura yang masyarakat setempat sering menyebutnya dengan nama candi Pura Dalem Agung Padangtegal. Candi tersebut merupakan sumber kesucian candi-candi lain yang digunakan untuk upacara kremasi.

Untuk mengunjungi monkey forest ubud (bahasa yang biasa digunakan wisatawan untuk menyebut mandala wisata wenara wanna) dalam hal transportasi tergantung dari mana kawasan hotel anda menginap. Jika anda menginap di hhotel ubud, maka naik taxi merupakan pilhan yang lumayan enak karena harganya yang murah. Namun jika anda menginap di hotel kawasan tempat wisata Bali selatan. Maka tranportasi terbaik untuk sampai ke Mandala Wisata Wenara Wanna adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik motor atau pun mobil. Mandala Wisata Wenara Wanna ini buka dari jam 08.30-18.00, ada hal yang perlu anda perhatikan ya saat memasuki wenara wanna adalah terkait makanan yang anda bawa. Karena kera disini sudah biasa berinteraksi dengan manusia, jadi jika anda bawa akanan jangan ragu-ragu ya untuk memberikannya pada kera, nanti bisa-bisa anda diserang segerombolan kera. Kemudian yang perlu anda perhatikan selanjutnya adalah terkait berjalan. Maksudnya apa?, berjalanlah di jalan setapak yang sudah tersedia ya jangan sampai memasuki area hutan, karena nanti kera-kera akan merasa terganggu. Kemudian sebisa mungkin jangan memakai perhiasan ataupun kacamata, hal ini karena kemungkinan kera akan mengambil barang-barang tersebut. Untuk tiket masuk Mandala Wisata Wenara Wanna ubud ini adalah 5o rbu/orang untuk dewasa dan 40 rbu/orang untuk anak-anak.

Saat sampai di pintu masuk, anda akan menemui beberapa pedagang yang menjual pisang, nah anda bisa membelinya untuk nanti saat berada di dalam memberikannya pada monyet. Waktu terbaik untuk datang kesini adalah saat sore hari beberapa jam sebelum tutup lah. Karena pada jam-jam tersebut monyet-monyet pun sudah kenyang, karena telah banyak memperoleh makanan dari wsatawan. Saat sampai di Mandala Wisata Wannara Wanna jangan lupa berpoto bersama monyet-monyet yang lucu ya. Mintalah tolong pemandu wisata anda untuk mempoto anda bersama monyet. Selian melihat monyet dan berinteraksi bersama di wannara wanna ini juga anda bisa elihat kuburan para leluhur masyarakat Bali. Kalau anda datang di waktu yang tepat, anda pun bisa menyaksikan upacara dolanan maupun upacara pembakaran mayat di pura. Saat lapar menyergap perut anda, karena lelah berjalan-jalan di hutan ini, teanng saja.  Karena tak jauh dari Mandala Wisata Wenara Wanna tepatnya di jalan hanoman ada sebuah restoran bebek bengil yang menyediakan bebek goreng dan bebek bakar yang begitu legendaris.

Saat berkunjujung ke hutan monyet ubud, selain anda bisa menyaksikan tingkah lau monyet yang lucuc-lucu. Andapun bisa menyaksikan pemandangan hutan, lembah, sungai, dan pura yang menambah nuansa liburan anda begitu menyenangkan. Dengan pohon-pohon tropis yang menjulang tinggi membuat suasana semakin sejuk dan anda pun akan betah untuk sekedar duduk-duduk santai lebih lama di hutan ini. Hampir lupa nih, untuk lokasi hutan kera ini berada di Padang Tegal, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Fasilitas pendukung wisata di hutan monyet ini sudah cukup lengkp ya mulai dari  toilet bersih, parkir. Yang tak boleh anda lewatkan adalah berbelanja oleh-oleh di toto-toko souvenir seperti pakaian, lukisan, teun, ukiran dan masih banyak lagi.

Untuk melengkapi liburan anda di  Mandala Wisata Wenara Wanna ubud ini, saya rekomendasikan beberapa tempat makan di sekitar Mandala Wisata Wenara Wanna yang akan memanjakan perut anda. Ada banyak warung makan yang bisa anda temui dengan berbagai menu yang enak-enak, salah satunya adalah 9K warung. Warung yang satu ini sangat cocok bagi anda pecinta vegetarian, karena  warung ini emang menyediakan berbagai menu vegetarian. Lokasinya berada di lot tunduh, sebrang galeri tanah tho. Warung ini mempunyai konsep self-service lho, artinya anda bebas engambil sendiri, memilih sendiri. Harganya pun sangatlah terjangkau, cukup dengan mengeluarkan kocek sebesar 9000 nda sudah bisa makan enak dan tentunya sehat. Inilah ulasan saya terkait Mandala Wisata Wenara Wanna, bagaimana dengan anda?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *