Tempat Wisata Bekasi yang Asik Serta Unik

Sebelum mengenal berbagai tempat wisata Bekasi, sebaiknya anda terlebih dahulu mengenal hal ikhwal mengenai kota ini. Jadi Bekasi merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat, nama bekasi diambil dari kata bagasi yaitu nama sungai yang melewai daerah ini. luas wilayah kota Bekasi sekitar 210,49 km2 dengan batas wilayah di sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Bekasi, Di Sebelah Selatan Berbatasan dengan Kabupaten Bogor dan Kota Depok. Di sebelah Barat berbatasan dengan DKI Jakarta. Sedangkan untuk wilayah Kabupaten Bekasi sendiri luas nya sekitar 1. 484,37 km2. Sebagian wilayah Bekasi merupakan dataran rendah dan bukit-bukit di bagian selatan. Berbagai destinasi wisata menarik ada nih di kota yang satu ini, bahkan Bekasi seringkali menjadi tempat berlibur warga Jakarta dan sekitarnya. Berikut beberapa tempat wisata Bekasi yang recommended banget.

  1. Saung Ranggon Bekasi

Tempat wisata Bekasi yang satu ini merupakan cagar budaya yang sangat unik namanya saung Ranggon. Tempat wisata Saung Ranggon terletak di Desa Saung Ranggon, Kecamatan Cikedokan, Kabupaten Bekasi. Objek wisata yang satu ini sangat ramai pengunjung lho apalagi saat weekend tiba. Daya tarik dari saung ranggon sendiri adalah rumah yang tetap berdiri kokoh selama 500 tahun, uhhh keren parah gak tuh?. Saung ranggon ini berada diatas tanah seluas 500 m2, ukuran bangunanya 7,6 x 7,2 m. bagian dalam saung ranggon ini tidak seperti rumah biasa lho, karena bagian dalamnya merupakan riangan terbuka dengan satu buah kamar doang. Bisanya di saung ranggon ini setiap tahun diadakan upacara maulud nabi, jaipongan, wayang kulit bekasi dan acara-acara yang lainnya. Di tempat wisata Bekasi yang unik ini fasilitas sudah lumayan lengkap, yakni ada area parkir luas, kamar mandi, mushola dan penginapan. Berdasarkan catatan sejarah pemerintah setempat, saung ranggon ini sudah ada sejak abad 16 yang dibangun oleh Pangeran Rangga putra Pangeran Jayakarta yang kemudian menetap di saung ini. kemudian saung ini ditemukan kembali pada tahun 1821 oleh Raden Abas. Anda tau saung itu artinya apa/. Dalam bahasa sunda saung artinya rumah yang dibangun ditengah lading, funsinya adalah untuk menjaga tanaman padi dan palawija yang akan dipanen. Saung ini basanya dibuat agak tinggi dari permukaan tanah, yakni 3-4 meter. Kenapa demikian?. Hal ini untuk menjaga keselamatan penghuni saung dari gangguan hewan buas. Tempat wisata Bekasi murah ini bisa jadi alternatife liburan anda lho. Kenapa saya bilang liburan murah? Karena tiket masuk saung ranggon memang murah yakni 12 rbu/orang untuk dewasa dan 8 rbu/orang untuk anak-anak.

  1. Rumah Pohon Jatiasih

Masih seputar lingkungan yang asri, tempat wisata Bekasi terbaru yang satu ini cocok banget untuk mengisi liburan anda bersama keluarga. Rumah Pohon Jatiasih merupakan objek wisata alam yang menampilkan rumah-rumah yang dibangun diatas pohon dan tersusun rapi membuat pemandagan sangat indah. Di tempat wisata Bekasi 2017 ini juga ada fasilitas lain yang bisa anda nikmati selain rumah pohon yang eksotis. Misalnya area outbound, flying fox, ATV, Wall Climbing dan masih banyak lagi wahana permainan yang seru-seru. Bagi anda yang suka memancing, atau untuk memanjakan si kecil dengan memancing ikan, disini juga tersedia tempat pemancingan ikan. Anda cukup membayar 10 rbu, bisa memancing asik disini. Jangan lupa membawa kamera ya saat anda berkunjung ke rumah pohon, karena pemandangan di rumah pohon maupun sekitarnya sangat keren untuk anda jadikan background berpoto anda. Rumah pohon jatiasih ini lokasinya berada di Jl Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi. Objek wisata Rumah pohon ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

  1. Taman Buaya Indonesia Jaya

Objek wisata yang satu ini agak-agak serem gimana ya, dari namanya nya saja taman buaya. Tenang dulu, anda tak perlu khawatir saat berlibur ke tempat wisata Bekasi taman buaya ini, karena ada petugas yang siap mendampingi anda saat melihat-lihat buaya. Taman buaya Indonesia Jaya ini merupakan tempat penangkaran buaya terbesar di Asia lho, keren gak tuh. Tiket masuk taman buaya ini cukup murah kok yakni 12 rbu/orang untuk dewasa dan 6 rbu/orang untuk anak-anak. Biasanya di taman buaya ini ada atraksi buaya nya lho, anda jangan sampai melewatkannya ya. Atraksi buaya tersebut biasanya diselenggarakan pada hari minggu, anda bisa menonton serunya atraksi buaya yang dipandu langsung oleh pawing buaya nya, seru kan?. Taman buaya ini lokasinya berada di Jl Raya Serang, Cibarusah km 13, Sukaragam, Bekasi.

Nah itu dia tempat wisata bekasi yang kece-kece banget. Anda harus mengunjunginya saat berlibur di Bekasi. Oiya Bekasi juga mempunyai kuliner yang unik-unik dan lezat-lezat lho, taka da salahnya jika anda ke Bekasi sembari merasakan sensasi wisata kuliner Bekasi. Apalagi bagi anda yang berasal dari luar daerah Bekasi, wajib deh tentunya mencicipi makanan khas kota ini. Ada salah satu kuliner bekasi yang terkenal dikalangan wisatawan misalnya Gabus Pucung. Gabus pucung merupakan olahan ikan gabus goreng kemudian dimasak dengan kuah hitam yang rasanya pedas. Kuliner ini beberapa tahun ke belakang sempat langka ditemukan, namun sekarang masakan yang satu ini mudah kembali anda temui di warung-warung bahkan di hotel-hotel bekasi. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata Bekasi, bagaimana dengan anda?.