Tempat Wisata di Aceh yang Bikin Hati Meleleh

Anda tak asing kan dengan daerah yang bernama “Aceh” ini, tetapi tau gak nih apa saja tempat wisata Aceh yang bisa anda kunjungi untuk berlibur. Sekedar mengingat kembali memori anda, Aceh sendiri merupakan sebuah Provinsi di Indonesia yang letaknya berada di ujung utara pulau Sumatera, dengan I kota Banda Aceh. Aceh berbatasan langsung di sebelah utara dengan teluk benggala, di barat dengan samudera hindia, di timur dengan selat malaka dan di tenggara dengan sumatera utara. Tahukah anda bahwa Aceh meruapakan daerah dimulainya penyebaran Islam di Indonesia, maka tak heran jika sampai sekarang daerah yang satu ini amat kental dengan keislamannya. Untuk hal pariwisata, Aceh juga mempunyai potensi yang cukup tinggi. Berikut beberapa tempat wisata di Aceh yang saya rekomendasikan.

  1. Sungai Rayap

Sungai rayap merupakan tempat wisata di Aceh utara yang itungannya masih baru lho, letaknya tepat di Desa Panton Rayeuk sa, Kecamatan Kuta Makmur, Kab Aceh utara. Untuk sampai ke sungai ini jika anda menggunakan tronsportasi umum gunakan jasa tukang ojek aja ya. Karena lokasinya yang masih tersembunyi sehingga belum terjangkau oleh angkutan umum gitu. Pemandangan di sekitar sungai sungguh mempesona dan begitu indah, sebagian besar wisatawan ada yang menyebut tempat ini sungai rayap dan juga air terjun rayap. Air nya sangat bening dan tentunya juga sangat menyegarkan, ditambah dengan air yang mengalir tak seluruhnya rata tetapi sebagian air memecah batu setinggi satu setengah meter. Bila diperhatikan air yang mengalir tersebur seperti merayap di bebatuan gitu maka tak heran jika disebut dengan sungai rayap. Nah berhubung sungai ini merupakan tempat wisata di Aceh yang masih baru banget, jadi belum ada fasilitas apapun yang tersedia di tempat ini ya. Untuk biaya masuknya saja masih sangat murah yakni hanya 3 rbu/orang saja.

  1. Bukit Cinta Kutacane

Tempat wisata di Aceh yang satu ini pasti bikin anda baper lho, ya namnya saja Bukit Cinta. Bukit Cinta Kutacane adalah objek wisata yang terletak di kawasan taman nasional gunung laseur tepatnya Aceh Tenggara. Bukit cinta kutacane ini memiliki nuansa yang pemandangan yang cantik, dengan semilir angin yang menyejukan sangat cocok untuk anda yang sedang memadu kasih. Jadi kalau ke tempat ini usahakan jangan sendirian ya, karena pemandangan yang indah pun tak jadi indah jika anda nikmati sendiri. Tempat wisata di Aceh Bukit Cinta ini menyediakan warung dengan menu special kopi Aceh, seperti kopi Gayo, kopi aren dan masih banyak lagi. meminum kopi sambil menikmati pemandangan diatas Bukit Cinta yang luar biasa mempesona sungguh berkesan, apalagi untuk datang ke bukit cinta ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Menyenangkan bukan?.

  1. Kuala Paret

Tempat wisata di Aceh Tamiang ini merupakan objek wisata yang cocok bagi anda yang suka berpetualang. Karena tempat wisata d Aceh yang satu ini masih belum banyak terjamah manusia lho. Lingkungannya pun masih sangat asri, jalanan nya masih belum diaspal, berbatu dan berbukit serta melewati pohon-pohon yang rindang, sungguh perjalanan yang menguji kesabaran. Tapi jangan khawatir rasa lelah perjalanan anda akan terbayarkan saat sampai dilokasi anda akan terkagum kagum dengan keindahan alam Kuala Peret. Tempat wisa di Aceh Kula Paret merupakan sebuah cekungan sungai dengan aliran air deras yang jenih dan sangat cantik. Lokasi  kuala paret terletak di Desa Kaloy, Tamiang Hulu, Kabupaten Aceh. Anda cukup membayar 5 rbu/orang saja untuk menikmati objek wisata kuala paret yang cantik ini. tapi ingat jangan coba-coba mandi di sungai ini ya, karena airnya sangat deras, kalau ingin sekedar basah-basahan anda bisa melakukannya di tepian sungai. Kemudian anda mungkin penasaran dengan nama sungai ini, kenapa Kula Paret?. Apa sih artinya Kuala Paret?. Nama Kuala Paret sendiri diambil dari kata kuala artinya bebatuan dan paret artinya sungai. Keindahan tebing bebatuan yang seolah memagari sungai menjadi daya tarik tersendiri tempat wisata di Aceh yang satu ini.

Untuk melengkapi liburan anda ke berbagai tempat wisata di Aceh, nah sekarang waktunya anda untuk berkenalan dengan kuliner Aceh. Berwisata kuliner di Aceh juga tak kalah menyenangkan nya lho, karena Aceh memang mempunyi banyak makanan khas yang enak-enak banget. Salah satunya adalah Ungkot Kemamah. Ungkot kemamah merupakan olahan ikan tuna rebus, dikeringkan kemudian diiris kecil-kecil. Kemudian dimasak pake santan dengan campuran kentang, cabai hijau dan bumbu rempah yang lain. Masakan yang satu ini sangatlah legendaris lho, karena sudah terkenal sejak masa perang Aceh melawan Belanda. Rasanya enak sekali pokoknya. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata di Aceh, bagaimana dengan anda?.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *