Wisata Desa Indonesia yang Selalu Istimewa

Beberapa kota atau daerah di Indonesia terkenal akan wisata desanya, bahkan desa-desa tersebt sering dijuli dengan istilah “desa wisata”. Desa wisata sendiri merupakan bentuk integrasi atara atraksi, akomodasi, dan fasilitas pendukung yang tersaji dalam suatu stukutur kehidupan masyarakat. Yang kemudian menyatu dengan tata cara dan tradisi masyarakat tersebut. mau tau gak nih beberapa kriteria desa wisata?. Kriteria desa wisata antara lain adanya bentuk interaksi antara alam, budaya dan hasil ciptaan manusia, semuanya harus menarik tentunya. Selanjutnya  besaran desa yang menyangkut jumlah rumah, jumlah penduduk, krekteristik wlayah dan luas wilayah. Kemudian sistem kepercayaan merupakan aspek penting untuk menciptakan aturn-aturan khusus sebuah desa. Terakhir adalah tersedia infastuktur, seperti listrik, air, layan transfortasi da masih banyak lagi. Mau tau desa apa saja yang cocok untuk anda jadikan wisata desa? Berikut beberapa recomendasi wisata desa yang sangat menarik.

  1. Wisata Desa Dlanggu

Yang satu ini merupakan wisata desa Dlanggu Mojokerto berada di Jl Sudirman No 2, Dlanggu, Mojokerto. Wisata desa Dlanggu ini amatlah menarik dan tentunya menyenangkan untuk anda kunjungi. Objek utama desa ini adalah kolam renang, taman bermain, arena outbound dan warung-warung yang penuh nuansa desa dengan menu ala-ala desa pula. Sepanjang perjalanan menuju desa ini anda akan menyaksikan pemandangan hijau dengan Susana persawahan yang begitu luas. Ditambah keramahan penduduk sekitar membuat hati semakin senang untuk mengunjungi desa wisata yang satu ini. tiket masuk des dlanggu ii cukup murah kok yakni 10 rb/orang untuk dewasa dan 8 rbu/orang untuk anak-anak. Anda jangan berpikir desa wisata ini wisala alam seperti desa-desa yang lain ya. Karena ternyata desa wisata yang satu ini merupakan wisata buatan yang letaknya sengaja jauh dari keramaian kota. Anda boleh nih encoba sensasi desa wisata buatan yang satu ini, karena jarang-jarang lho menikmati desa wisata yang ada kolam renangnya.

  1. Desa Penglipuran

Desa Penglipuran merupakan salah satu wisata desa di Bali yang menjadi favotit wisatawan domestic maupun mancanegara. Lokasi desa penglipuran terletak di jalan rambutan gang III A1, no 6, Kecamatan Bangli, Bali. Tips untuk anda yang ingin mengunjungi desa penglipuran ini untuk menyewa jasa tour yang teah tersedia diBali. Hal ini ini untuk menghindari tersesat di jalan ya dan gak ribet juga. Desa ini setiap harinya lmayan ramai pengunjung, biasanaya didominasi oeh wisatawan mancanagera. Ada sekitar 100 orang wisatawan per harinya ke desa ini. lahan parkir nya pun luas, jadi anda tak perlu khawatir ya, biaya parkirnya juga murah yaknii 5 rbu/mobil. Kemudian untuk tiket masuk wisata desa penglipuran adalah 15 rbu/orang untuk dewasa dan 10 rbu/orang untuk anak-anak. Anda pasti penasaran kan kira-kira apa ya yang menjadi keuikan desa yang satu ini. Desa Penglipuran meruapakan desa yang sangat kenal dengan adat Bali, sama sekali belum tersentuh hal-hal yang berbau modern. Yang menarik adaah desa Penglipuran pernah dijadikan sebagai contoh pertama desa wisata di Indonesia pada tahun 1995, keran banget kan?. Tiap-tiap rumah penduduk desa ini seragam lho alias mempunyai bentuk yang sama terutama pada gerbang rumah, atap rumah, dinding rumah yang masih menggunakan bambu. Tak hanya rumah nya aja ih guys yang sama, pembagian ruangan rumah nya pun juga sama seperti kamar tidr dan dapur. Cat yang digunakan pun merupakan cat yang berbahan dasar dari tanah lho. Yang unik lainnya dari desa ini adalah adanya hukuman pencurian. Hukumanya apa? Hukuman untuk yang mencui adalah memeberi sesajen 5 ekor ayam dan bulunya harus beda warnanya di tempat leluhur mereka. Cara ini akan membuat si pencuri malu dong tentunya. Masih hal yang unik nih akan budaya desa ini. Jadi meskipun penduduk ini memeluk kepercayaan hindu tapi dalam hal kepercayaan mereka tidak membakar mayat tapi menguburkannya.

  1. Desa Sade

Wisata Desa selanjutnya yang tak kalah menarik dengan desa-desa yang lain adalah wisata desa Sade Lombok. Seperti halnya desa Penglipuran di Bali, desa yang satu ini juga masih sangat menjaga budaya leluhur. Baik itu dalam hal bangunan, adat istiadat, terian, maupun kesenian. Lokasi tepat desa wisata yang satu ini berada di Desa Rambitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah. Desa ini luasnya sekitar 5,5 hektar dengan jumlah juram 150 dan setiap rumah terdiridari satu kepala keluarga, jumlah penduduknya sekitar 700 orang. Penduduk desa ini semuanya masih merupakan satu keturunan lho, karena masyarakatnya melakukan perkawinan sodara. Desa wisata yang satu ini bisa jadi alternative liburan anda di Lombok selain pantai ya guys.

Bagaimana menarik sekali kan beberapa wisata desa diatas?. Buat anda nih terutama yang tinggal di perkotaan, pasti jarang banget kan bisa menikmati segarnya udara dari pepohonan, indahnya pemandangan persawahan yang menghampar bak permadani hijau. Maka nya ayo segera usir rasa penat anda akan kegiatan sehari-hari dan dari hiup pikuk kota yang kadang membuat sakit kepala. Dengan mengunjungi beberapa desa wisata di Indonesia yang menarik-menarik. Inilah ulasan saya terkait wisata desa, bagaimana dengan anda?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *