Wisata Di Kebumen Yang Penuh Pesona

 

  1. Goa Jatijajar

Objek wisata di Kebumen yang satu ini bernama Goa Jatijajar. Goa jatijajar adalah situs geologi yang terbentuk secara alamiah yang berasal dari kapur kemudian membentuk suatu gua yang dipenuhi stalaktit dan stalagmit yang beritu artistik. Tempat wisata di Kebumen Jawa Tengah ini lokasi nya berada di Jl Jatijajar, Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen. Yang menarik di tempat wisata di Kebumen Goa Jatijajar ini didalamnya terdapat ruangan deorama yang menceritakan tentang legenda Lutung Kasarung. Untuk memasuki goa ini anda tak perlu khawatir karena sudah didalam goa sudah tersedia penerangan. Selain itu tersedia pula jalan khusus memasuki gua agar pengunjung tidak kesusahan untuk berkunjung ke tempat wisata di Kebumen yang satu ini. Objek wisata di Kebumen Goa Jatijajar memiliki panjang 250 meter, lebar 15 meter, ketebalan langit-langit gua 10 meter, dan ketinggian gua 50 meter dari permukaan laut. Konon menurut warga setempat, objek wisata di Kebumen (Goa Batujajar) ini ditemukan oleh sorang petani bernama Jayamenawi. Saat dia sedang mengambil rumput kemudian jatuh ke sebuah lubang, nah lubang inilah yang kemudian menjadi goa batujajar setelah tanah-tanah yang menutupinya dibongkar oleh warga setempat. Kemudian pada perkembangannya goa jati jajar resmi dibuka sebagai tempat wisata di kebumen yang bagus pada tahun 1975. Tempat wisata di Kebumen (goa jatijajar) ini didalmnya trdapat 7 sungai, tetapi tak semua sungai mudah dicapai. Hanya ada 4 sungai yang cukup mudah anda capai yaitu sungai puser bumi, sungai Jombor, Sungai Mawar, dan sungai kantil. Nah ada mitos-mitos mistis dari keempat sungai tersebut yang dipercaya oleh warga sekitar tempat wisata di Kebumen ini. Mitos tersebut misalnya air sungai puser bumi dan jombor bisa jadi perantara untuk segala tujuan dan keinginan anda. Dan sungai air mawar khasiatnya bisa membuat anda awet muda. Terakhir mitos sunai kantil adalah jika anda mandi atau cuci muka disini maka cit-cita anda akan tercapai. Inilah mitos yang dipercaya oleh warga setempat. Yang fenomenal dari objek wisata di Kebumen ini adalah patung Dinosaurus yang mengeluarkan air dari dalam mulutnya. Bagi anda yang suka hunting poto, berpoto-poto di tempat wisata di kebumen ini sangatlah indah. Tiket masuk wisata di Kebumen Goa Batujajar ini adalah 15 rbu/orang. Ayo ajak keluarga, teman maupun pasangan untuk menikmati objek wisata di Kebumen yang indah ini.

  1. Air Terjun Supermen’s big Sister

Selanjutnya wisata di Kebumen selain pantai ini bernama Air Terjun Supermen’s big Sister. Wisata di Kebumen ini cukup unik, karena air terjunnya berada didalam goa, yaitu di goa Barat. Bagi anda yang suka petualanan objek wisata di Kebumen air terjun supermens big sister ini jangan sampai anda lewatkan lho. Lokasi Goa Barta sendiri berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen Jawa Tengah. Dalam goa barat tedapat banyak sekali air terjun dengan ketinggian anta 0,5 sampai 10 meter. Kemudian di tempat wisata di Kebumen ini terdapat satu air terjun dengan ketinggian 32 meter. Sehingga orang-orang menyebutnya air terjun supermens big sister karena tinggi air terjun yang luar biasa. Tiket masuk tempat wisata di Kebumen ini adalah 30 rbu/orang, kemudian beberapa fasilitas yang tersedia di tempat wisata di Kebumen ini yaituarea parkir kendaraan, mushola, kamar mandi dan juga penginapan.

  1. Benteng Van der Wijk

Lengkapi berlibur anda dengan mengunjungi wisata sejarah Benteng Van der Wijk. Beneng ini merupakan benteng pertahanan Hindia-Belanda abad 19. Benteng ini berada di wilayah Gombong, Kebumen Jawa Tengah. Luas benteng ini adalah 3606 meter persegi dan tingginya mencapai 9 meter, benteng ini berwarna merah sehingga terlihat begitu indah dan artistik. Benteng ini kini menjadi objek wisata andalan di Gombong yang telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman bermain anak. Anda juga bisa merasakan sensasi naik kereta mini. Karena disini disediakan kereta mini untuk mengantar wisatawan keliling benteng, menyenangkan bukan?. Anda pun cukup membayar 5 rbu/orang untuk berkeliling benteng selama 15 menit. Selanjutnya yang menarik dari tempat wisata di kebumen gombong ini terdapat tulisan didepan persis pintumasuk. Tulisan tersebut berbunyi “sebelum masuk benteng sebaiknya anda berdoa menurut kepercayaan masing-masing” terkesan mankuti-nakuti bukan? tapi tenang saja karena memang sebagai tempat bersejarah telah terjadi banyak pertumpahandarah di tempat ini. Yang penting anda berlaku sopan saja disini, itu sudah cukup. Wisata benteng van der wijk ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Kenali sejarah bangsa sendiri dengan mengunjungi objek wisata di Kebumen yang sangat menarik ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *