Wisata di Purwokerto yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Sebelum anda mengenal beberapa tempat wisata di Purwokerto yang sangat fenomenal di kalagan wisatawan. Anda baiknya terlebih dahulu mengenal hal ikhwal daerah yang satu ini. Jadi Purwokerto meruapakan ibu kota Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Dengan jumlah penduduk sekitar 292.782 pada tahun 2014. Purwokerto merupakan kota otonom yang masih bagian dari Kabupaten Banyumas, purwokerto sendiri terdiri dari 4 kecamatan dan 27 kelurahan. Anda tahu bahwa Purwokerto memiliki banyak sekali destinasi wisata yang sangat terkenal keindahannya. Mau tau apa saja tempat wisata di Purwokerto yang saja maksud tersebut. berikut beberapa tempat wisata di Purwokerto yang recommended banget untuk anda.

  1. Telaga Sunyi Baturaden

Tempat wisata di Purwokerto jateng ini cocok sekali bagi anda yang ingin berlibur di lokasi yang samih sepi dan juga alami. Seperti namanya telaga sunyi, memang masih sepi serta lokasinya yang lumayan jauh dari keramaian kota. Telaga ini memang snagat cook untuk anda jadikan lokasi liburan yang penuh dengan ketenangan serta alamnya yang begitu sejuk. Rasa penat sehati-hari pun akan hilang dalam sesaat. Seperti halnya objek wisata air terjun lainnya, anda pun harus berhati-hati dengan cuaca, jangan sampai kehujanan yak arena nanti air telaga bisa meluap. Di sekitar telaga sunyi ini telah tersedia kamar mandi, tetapi masih sangat jarang warung ya. Nah solusinya jangan lupa bawa camilan minimal air putih lah agar anda tak kelaparan saat berada di telaga ini. Tiket masuk tempat wisata Purwokerto Banyumas ini sekitar 13 rbu per orang plus parkir morot 3 rbu. Lokasi telaga sunyi ini berada kurang lebih 2 km dari wisata Baturaden tapatnya berada di Desa Limpakuwus, Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Yang begitu mempesona dari telaga sunyi ini adalah airnna yang begitu jernih meskipun banyak sekali penunjung yang berenang dan mandi disana tapi air nya tetap saja jernih.

  1. Museum Bank Rakyat Indonesia

Tempat Wisata di Purwokerto Banyumas yang satu ini sangat menarik lho ykni museum Bank Rakyat Indonesia. Tak seperti bangunan museum-museum modern yang terkesan mentereng dan mudah dikenali orang-orang. Museum BRI ini bangunanya sangatlah sederhana yaitu rumah biasa model tempo dulu, sehingga orang banyak yang tak sadar akan keberadaannya. Meskipun bangunan museum ini amat sederhan, masalah koleksi jangan ditanya, lengkap banget deh. Museum Bri ini terdiri dari 2 lantai, lantai satu berisi koleksi uang, mulai dari uang koin zaman majapahit, uang Tiongkok, uang VOC, Dan uang pas masa kemerdekaan Indonesia. Di lantai utama juga terdapat sejarah perjalanan BRI yang dapat anda pelajari. Kemudian untuk koleksi lantai dua koleksi nya berupa mesin-mesin perbankan jaman dulu. Yang menarik di lantai dua ini terdapat brankas milik raden Aria Wiraatmaja seorang pendiri BRI. Untuk belajar banyak hal di museum ini anda tak dikenakan biaya apapun alias gratis. Cukup mengisi buku tamu dan anda pun akan mendapat penjelasan dari tourguide yang telah disiapkan, meyenagkan sekali kan?. Di sekitar museum BRI terdapat bangunan kuno yang merupakan kantor pertama kali bank BRI. Dalam kantor tersebut terdapat beberapa peninggalan peralatan Raden Aria Wiraatmaja seperti meja kursi, jam dinding dan benda-benda yang lain. Museum ini buka jam 9 pagi hingga jam 4 sore pada hari senin-kamis dan jam 9 hingga jam 12 siang pada hari minggu. Di latar depan museum terdapat sebuah patung indah bernama Kuwera. Menurut kepercayaan hindu, kuwera merupakan symbol dewa kemakmuran. Oleh karena itu sering digunakan sebagai lambang bank. Kuwera ini gambarannya adalah perut gendut menggunakan mahkota, kalung, gelang tangan dan kaki, serta pundi uang dibawah bantal kursi.

Sudah puas dengan tempat wisata di Purwokerto yang menarik-menarik diatas. Sekarang saatnya anda saya kenalkan dengan wisata kuliner Puwokerto yang harus anda coba. Purwokerto mempunyai banyak sekali kekayaan kuliner yang sudah terkenal di kalangan wisatawan. Mau tau apa saja kuliner Purwokerto yang saya maksud?. Ada beberapa kuliner khas purwokerto yang harus anda coba misalnya pertama, Gethuk Goreng. Gethuk goreng merupakan gethuk seperti biasa pada umumnya, hanya saja gethuk ciri khas purwokerto ini bukan direbus tapi digoreng, rasanya enak banget lho ya. Apalagi dimakan panas-panas sambil minum the atau kopi pada sore hari. Kedua, lanting. Lanting merupakan cemilan khas Purwokerto yang terbuat dari tepung yang diadonan dan dibentuk cincin kemudian digoreng. Cemilan khas Purwokerto ini harganya pun murah meriah banget lho, bisa tuh anda bawa buat oleh-oleh. Anda bisa menemui pedagang lanting di berbagai toko atau pasar tradisional yang ada di Purwokerto. Ayo segera rencanakan agenda wisata di Purwokerto anda bersama keluarga, teman maupun pasangan. Inilah ulasan saya terkait tempat wisata di Purwokerto, bagaimana dengan anda?.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *